caredu

My (Not So) First Job

November 27, 2016

Setelah menceritakan proses panjang mencari kerja, kali ini gue mau lanjut cerita soal pengalaman pertama kerja sebagai full-time permanent employee, karena pengalaman kerja sebelumnya adalah pengalaman-pengalaman magang.

Cie
Seperti yang sudah gue ceritakan sebelumnya, proses pencarian kerja tersebut berakhir di PT Kadence International, and here I am, working as an HR in Kadence. Selama hampir 1 tahun berada disini, so far gue nyaman dan suka kerja disini. Setelah gue pikir-pikir lagi, Kadence ini memenuhi semua ekspektasi gue dalam mencari kerja: Multinational company, company size yang cukup besar tapi nggak terlalu besar, bisa kenal dan kerja bareng semua orang, compensation & benefit yang lumayan, orang-orangnya masih muda, fleksibel, dan kerjaannya beragam. Mari kita jabarkan satu-satu.



Multinational Company
Pertama, multinational company. Dari dulu entah kenapa menurut gue multinational company is a must. Setelah gue pikir-pikir kayaknya ini karena ajaran bokap haha. Padahal nggak ada alasan spesifik buat gue pribadi kenapa harus multinational company. Di Kadence ada beberapa karyawan ekspatriat, mostly dari India dan ada juga yang dari Jepang. Karena kerjaan gue berhubungan sama semua orang disini, otomatis juga sering berkomunikasi dengan mereka. Ini otomatis ngasah komunikasi dalam bahasa Inggris. Buat gue ini jadi satu kesempatan untuk mempraktekkan dan melatih English conversation, karena biasanya ngomong bahasa Inggris kalo di tempat les doang.

Company Size
Kedua, soal company size. Disini karyawannya kurang lebih 100an. Cukup banyak tapi nggak terlalu banyak. Kalo karyawannya sedikit akan bosen ketemunya itu lagi itu lagi, tapi kalo terlalu besar kayak pas gue di PwC, malah susah kenal sama orang-orang lain karena kecenderungannya orang itu akan berkumpul sama temen-temen sedivisinya.

Know and Work with Everyone
Disini gue bisa kenal dan kerja bareng semua orang, literally semua orang. Ini adalah impian gue banget dan susah ditemui di tempat lain terutama di perusahaan besar. Disini gue bisa kenal dan kerja bareng setiap individu yang ada disini, mulai dari level OB sampai Managing Director-nya. Sering ngobrol dan makan bareng sama level junior-senior, sering diskusi soal rekrutmen dan employee dengan level manager ke atas, sampai report langsung ke Managing Director. Selain karena memang tuntutan kerjaan yang mengharuskan kenal sama semuanya, gue pribadi emang pengen kenal sama semua. Ini berkaitan sama company size juga sih.

Compensation & Benefit Package
Nah, part penting yang sepertinya jadi pertimbangan utama buat kebanyakan orang, paket compensation & benefit disini juga lumayan. Tergolong yang cukup tinggi di industri sejenis (market research). Kalo buat gue pribadi, paket comben itu bukan yang utama sih makanya nggak gue sebutkan di awal. Yes, money can pay your bills and bring happiness, but happiness is not just about money. Temen-temen yang baik, lingkungan yang menyenangkan, fleksibilitas, kerjaan yang menarik, dll, kadang ga disadari orang-orang bahwa itu juga faktor kebahagiaan.

Jujur pertama masuk, gaji yang ditawarkan ke gue itu sedikit di bawah ekspektasi gue. Tapi balik lagi, buat gue gaji bukanlah segalanya dalam sebuah pekerjaan. Banyak hal lain yang jadi pertimbangan. Bagusnya disini adalah performance itu benar-benar dilihat dan kalau memang layak diberi kenaikan gaji atau di-promote, company akan memberikan itu tanpa harus menunggu atasannya resign atau di-promote dulu. Dan ketika kerja dengan hati, akan keliatan kok bedanya. Gue sering denger kata-kata "When you work with your heart, money will follow." terutama dari orang-orang sukses. Yaa typical phrase lah. Tapi pada akhirnya gue benar-benar merasakan sendiri hal tersebut, dan hal tersebut semakin memperkuat keyakinan gue kalau kerja itu memang harus pakai hati.

Young Workers
Hal yang juga jadi penting sebagai pertimbangan gue adalah karyawannya yang masih muda-muda. Gue pribadi lebih nyaman untuk berada di lingkungan yang seumuran, jadi kalo ngobrol lebih nyambung, terus kalo mau nongkrong-nongkrong bareng juga masih bisalah.. haha. Mostly disini karyawannya berumur 20-30an. Yang di atas 40 sepertinya bisa dihitung pake jari. Jadi emang enak banget untuk ngobrol, kerja bareng, have fun outside workplace & working hour.


Reverse twinning
Karyawan NET tv??


Kalo diliat-liat fotonya banyakan ama mereka yak
Iseng-iseng foto malah dijadiin ucapan Idul Fitri buat sekantor


Fixx gue gemukan :))





Pink Squad
PS. Sorry for too much photos :p

Flexible
Faktor lain yang sepertinya penting bagi hampir semua Generasi Y adalah soal fleksibilitas. Fleksibilitas yang gue dapet disini macem-macem, mulai dari jam kerja yang fleksibel, tempat kerja yang bisa fleksibel, dan fleksibilitas dalam pekerjaannya. Disini sebenernya bebas mau dateng jam berapa, yang penting setidaknya 9 jam di kantor. Jadi kalo lagi mager, ngantuk pagi-pagi, gue biasanya dateng ke kantor agak siangan di atas jam 9 atau bahkan mendekati jam 10. Tapi kalo udah plan mau pulang cepet, nah gue dateng antara 8.15-8.30 hehe. Dan, sesiang-siangnya gue dateng biasanya tetep pertama nyampe di antara temen-temen 1 tim :")

Terus soal tempat kerja yang fleksibel, disini setiap employee dapet jatah work from home alias ga usah ke kantor sebulan sekali. Nah ini enak nih kalo lagi ada urusan di luar yang bisanya dilakukan di hari kerja.

Kemudian dalam hal pekerjaan, disini juga cukup fleksibel. Nggak terpatok sama jobdesc dan plan yang kaku. Sering saking fleksibelnya, segala hal bisa berubah dalam hitungan menit.. haha. Jadi kalo pengen kerjaan yang challenging, dynamic, dan fast-pace environment, bakal ngerasain banget disini. Disini nggak terlalu kaku dengan SOP, birokrasinya juga tergolong cepet dan ngga ribet.

Diverse Work Tasks
Karena gue orangnya seneng ngerjain macem-macem dan tertarik pada banyak hal, untuk saat ini gue prefer jadi generalis daripada spesialis. Kalo generalis itu ngerjain macem-macem hal banget ngga terbatas hanya area tertentu. Misalnya kalo di HR itu ada spesialis rekrutmen, spesialis OD, nah kalo generalis itu ngga hanya ngerjain misalnya rekrutmen aja tapi juga scope lainnya. Jadi kalo gue lagi bosen atau mumet ngerjain satu kerjaan, gue bisa shift ngerjain yang lain dulu.

Terus menurut gue as a fresh graduate sepertinya lebih baik kalo generalis dulu sih. Jadi bisa ngerasain dan belajar banyak hal, baru nanti bisa lihat interestnya lebih ke arah mana lalu decide mau fokus ke yang mana. Tapi ngga masalah juga kalo sampe senior level mau jadi generalis. Toh kalo udah level senior atau manager, justru scope yang ditangani memang lebih luas. Jadi akan sangat membantu kalo ada exposure ke berbagai hal sebelumnya.

Disini tipe kerjaan gue tergolong generalis yang ngerjain macem-macem, mulai dari rekrutmen, training, arrange internal event dan monthly fun event, sampai pegang socmed. Dari mulai yang standar interview para freshgrad sampe beberapa kali interview manager level. Terus milihin dan ngirim quotes atau video motivasi setiap minggu. Dari mulai order makanan untuk acara kantor, nyiapin dekor, sampe terpaksa jadi MC. Jadi MC itu sesuatu yang nggak pernah gue lakuin sebelumnya dan ga mau juga gue lakuin, tapi kadang mau ga mau terpaksa jadi MC karena tuntutan pekerjaan :") Gue ngerasa ini adalah salah satu hal yang merupakan development gue disini sih haha. Terus yang gue seneng adalah kalo ada acara, yang order makanan juga gue jadi gue bisa pilih makanan yang gue suka hahaha *evil laugh*. Tapi didiskusiin dulu kok.

Perdana jadi MC
Pesen kue dan bikin kartu-kartu ini
Termasuk mompa balon-balon ini
Bikin frame foto ini

Serasa arrange acara sendiri

Selain itu juga jadi emaknya interns disini. Kadang pusing sih tapi yaudahlah part of development ini.

My first two interns!
Psikologi UI teercintaaa~

Itulah overall hal-hal yang gue inginkan dari sebuah pekerjaan/perusahaan dan gue dapatkan disini. Other than that masih banyak hal-hal menyenangkan lainnya yang gue dapatkan disini. Kayak makanan yang cukup berlimpah (dan sering juga rebutan kayak ga pernah makan). Untungnya ruangan gue deket pantry jadi lumayan duluan tau kalo ada makanan gratisan haha. Kalo lagi pengen ngemil, keliling aja nanti juga dapet makanan dari sini situ :p





Terus juga suka dapet produk gratisan, biasanya dari klien atau sisa product test. Mulai dari minuman, makanan, sampai pembalut.

The packaging is too cute I can't resist!! Unfortunately it's haraam :"(
Ketika orang-orang cari ini kemana-mana, eh sekardus dateng ke kantor
Matching sama warna jaketnya
Super yum milk I want to drink them all day long

Abis makan-makan, jangan lupa olahraga. Disini ada kelas yoga mingguan (baca ceritanya disini dan lanjutannya disini), dan juga ada table tennis. Kadang suka ada turnamennya juga. Tapi gue belom pernah main sih table tennis-nya karena mager hehe.


Saya kalah telak sama mbak ini



Selain itu, seperti yang gue bilang bahwa salah satu yang gue kerjakan disini adalah arrange fun events, dan disini lumayan rutin ada fun events mulai dari games kecil-kecilan sampai employee gathering.

Year-End Party 2015
First generation of "Geng MT"






Bukber kantor


Lomba Cupcake Decorating dalam rangka anniversary Kadence
"Kuenya harus merah-putih ya"




Salah satu hal yang gue bener-bener rasain disini adalah ikut bahagia, bahkan jauh lebih bahagia ketika ngeliat orang lain bahagia apalagi karena kita. Ini gue rasain ketika ngeliat employee seneng dengan acara-acara yang HR buat. Meskipun gue sebagai HR jadi ga bisa ikut serta kalo ada lomba-lomba gitu dan kalo acara jadi sedikit fotonya karena sibuk wara-wini, tapi ngeliat ekspresi bahagia dan tawa mereka selama acara, ngeliat antusiasme mereka dalam berpartisipasi, itu bener-bener membayar pusing-pusingnya arrange acara dan gue pun seseneng itu ngeliat mereka seneng.

Tentu ngerjain ini semua nggak sendirian. Rekan kerja disini juga menurut gue menyenangkan dan supportif. Mau membantu, ga pelit ilmu, dan suka lawak.

Thankss for the surprise


Begitulah kurang lebih suka-dukanya kerja disini. Mungkin kalo ngeliat post ini terlihatnya kok menyenangkan banget ya? Emang menyenangkan siih menurut gue. Bukan berarti engga ada masa-masa sulit, jenuh, dan kerjaannya gampang. Setiap orang pasti ngerasain itu di pekerjaannya, and so do I. Kerjaannya disini juga cukup berat dan menantang, so you must be tough enough and passionate with what you do. Juga balik lagi gimana kita melihat sisi positif dari hal itu, selalu berpikir positif, dan bawa enjoy :) We love positive people.

Kalo mau liat-liat foto lainnya bisa follow IG @kadence_international atau like Facebook page: Kadence International - Indonesia. Buat yang ngerasa passionate di research dan tertarik pengen kerja atau magang disini, boleh kirim CV terbaru ke joinus_indonesia@kadence.com yaa.. See you!

You Might Also Like

4 comments

  1. Kak...kebetulan saya lagi nyari nyari info magang dan berlangganan jobstreet juga dan liat kadence intl lagi butuh statistikawan. Saya iseng pengen tau kadence apa dan magang disini bisa apa tidak ternyata muncul muncul di blog kakak �� omong omong saya mau tanya kak, apakah bisa mengajukan magang selama sebulan? Terimakasih infonya sangat membantu sekali kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Kamu minat magang di bagian apa? Boleh kirim CV dan transkrip nilai yaa ke joinus_indonesia@kadence.com dengan subject posisi magang yg diminati :)

      Delete
  2. Saya sudah mengirim berkas ke email tersebut. Untuk pemberitahuannya kira kira harus menunggu berapa lama ya kak? Terimakasih sekali lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu dulu aja yaa kurang lebih 2 minggu. Kalo memang open vacancy nanti dihubungi

      Delete