wellness

Healthy Inside, Fresh Outside

June 28, 2016

"Keep your body strong, mind sharp, soul nourished, and spirit positive."


Healthy lifestyle sekarang memang lagi in banget. Tapi terlepas dari in atau engga, gue akui hal ini memang penting banget. Selain jaga pola makan dan cukup istirahat, hal lain yang juga menurut gue sangat penting tapi sangat susah dilakukan adalah olahraga rutin!

Gue pribadi bukan orang yang rajin olahraga gitu sebenernya. Tapi sejak gabung marching band pas kuliah, otomatis jadi rutin olahraga keras (banget). Nggak hanya dari intensitasnya, tapi juga dari frekuensinya yang setidaknya 5x seminggu.

Selesai dari MB gue langsung ga pernah olahraga lagi. Efeknya, badan berasa nggak enak dan sempet kaku otot sampe-sampe harus difisioterapi. Dari yang tadinya olahraga cukup ekstrim intensitasnya langsung ekstrim nggak pernah olahraga. Dari situ gue semakin sadar bahwa olahraga itu penting banget.

Kesadaran tersebut nggak lantas membuat gue langsung tergerak untuk mulai olahraga lagi :") Ngelawan rasa mager itu suuuulit banget! Suka udah niat mau lari, atau stretching-stretching, atau yoga sendiri bermodalkan YouTube, ujung-ujungnya leyeh-leyeh. Sebenernya mau aja olahraga kalo ada temennya. Sayangnya temen-temen nggak ada yang rumahnya deketan. Pernah juga beli hula hoop. Tapi karena udah lama nggak olahraga, sekalinya main hula hoop langsung encok :" Akhirnya hula hoop-nya dipajang aja di rumah.

Pernah juga ikut yoga di Dini Yoga, Kemang tapi cuma sebulan. Karena waktu itu lagi nggak ada supir dan lokasinya agak sulit dijangkau kendaraan umum, akhirnya engga lanjut lagi (Waktu itu belum ada ojek online).

Pas ikut yoga itu gue suka sih. Nggak hanya membuat badan lebih fleksibel dan kuat, tapi juga ngejaga bentuk badan. Banyak yang menganggap yoga itu stretching-stretching doang, but noo. Ada juga yang menganggap yoga itu menyiksa. Well, emang kadang menyiksa sih, tapi gue enjoy aja sih *masokis*.

Basic-basic gerakan yoga ternyata kurang lebih sama kayak pemanasan sebelum marching band terutama untuk section color guard. Ini jadi satu keuntungan buat gue karena jadi tau konsep-konsep dasar yoga dan lebih mudah belajarnya.

Magang di bilangan Kuningan deket Setiabudi One juga mendorong gue untuk ikut fitness club, yoga, atau pilates disana. Tapi lagi lagi, karena belum ada temen yang mau bergerak bersama, ujung-ujungnya belum daftar :'

Bak gayung bersambut, tiba-tiba kantor gue berinisiatif untuk mengadakan kelas yoga rutin untuk employee-nya. Seeeseneng itu karena memfasilitasi gue banget yang mager ini. Dan gratis pula. Hehehe.

Akhirnya ku jadi rutin berolahraga lagi deh seminggu sekali. Belum merasa cukup sih seminggu sekali, tapi at least ada lah daripada nggak sama sekali.

Yang juga gue senangi dari kelas ini adalah instrukturnya yang sangat baik hati, namanya mbak Fitri Jamil. Orangnya baik dan ramah banget, dan aura positifnya bener-bener terpancar. Di setiap pertemuan juga kita dikasih challenge-challenge baru sama Mbak Fitri.

Seru sih menurut gue. Ada rasa penasaran untuk bisa melakukan sebuah pose atau gerakan. Dan kalau berhasil, it boosts our confidence loh. Mayan bangga kalau berhasil melakukan :p Yang penting berani sih kuncinya. Berani nyoba dan fokus. Tapi tetep perlu tau batasan kemampuan diri. Jangan sampe maksa mencoba eh malah cedera.

Berikut beberapa foto gue di kelas yoga, dari mulai pas masih amatiran sampe sekarang yaa lumayanlaah hehehe. Belum perfect sih, tapi mayan lah.

Pertemuan pertama langsung coba Acroyoga




Maafin mukanya, mesti fokus


Belum sanggup naik kakinya :")

Belajar dulu

Pose kemudian :p

Favorite pose!

 


Mencapai gerakan-gerakan tersebut bukan tanpa gagal loh. Terlalu jago kalo sekali coba langsung bisa. Jatuh-Bangun-Ulangi wajib hukumnya kalo mau bisa. Kalo kata Mbak Fitri, jatuh itu biasa, yang penting kita bangkit lagi. Ini lah sebagian contoh kegagalan saya wkwk.

Biar jatoh tapi tetep #smile

Jatoh pun ada posenya

Dan ini beberapa proses menuju pose tersebut *maklum lagi keranjingan bikin GIF hehe*

Pemanasan dulu



Otw Dancer Pose


Coba sisi yang ini

Coba sisi satunya

Yak, sekian dulu cerita saya kali ini. Jangan lupa olahraga dan jaga kesehatan ya! Namaste.

You Might Also Like

0 comments