life

Connect

September 12, 2016

SMP, SMA, kuliah berlalu. Belajar dari "kesalahan" selepas sekolah dulu, setelah lulus kuliah gue ga mau ngulangin hal yang sama, yang nggak terlalu me-maintain komunikasi dengan teman-teman lama sampai akhirnya ga kerasa tiba-tiba udah jauh aja.

Seringkali ketika masuk ke fase kehidupan baru, kita terlalu asik dan fokus dengan hal tersebut sampai-sampai lupa dan tanpa sadar perlahan meninggalkan yang sebelumnya. Ketika sadar, eh tau-tau udah jauh aja dan belum tentu sama seperti dulu. Pengen berakrab ria sama temen lama seperti dulu tapi kok ga mudah ternyata. Even terkadang untuk start conversation aja butuh ada momentum dulu. Yes, things change. Nggak tahu perasaan gue doang atau memang demikian.

Tapi satu hal yang gue pikirin, kalo semua orang berpikir demikian dan nggak ada yang memulai duluan, mungkin komunikasi nggak akan terjalin. Mungkin masing-masing saling sungkan menyapa. Kadang randomly start a chat with someone (even the ones that you haven't talked with for a long time), or ask them to hang out with you, without any particular reason turns out to be a good thing loh. Seminim-minimnya hal yang lo dapet adalah silaturahmi tetap terjalin dan lo tau kabar terbarunya dia.

Belajar dari pengalaman tersebut gue pun berusaha me-maintain hubungan dengan teman-teman kuliah, organisasi, dan juga teman-teman sekolah dulu ketika sekarang udah memasuki dunia kerja. Nggak mau sampe tiba-tiba jauh lagi. Apalagi di umur segini gue sedang memasuki tahap Intimacy vs Isolation menurut teori psikososial Erik Erikson.

Mencoba menerapkan apa yang gue pelajari saat kuliah, gue coba menerapkan teori Erikson ini di kehidupan pribadi. Erikson menyatakan bahwa salah satu tugas perkembangan dewasa muda adalah to build close relationship with others. Nggak hanya soal romantic relationship, tapi juga hubungan dengan keluarga, teman, dan kerabat lainnya. Otherwise, you will be "isolated" or feel lonely. Dan jangka panjangnya kalau gagal di tahap ini, kegagalan tersebut akan dibawa sampai tua and orang tersebut akan struggling to form a deep relationship with others. Pretty scary huh?

Jadi sesibuk apapun (Padahal w ga sibuk sama sekali sih), gue sebisa mungkin tetep ngeluangin waktu untuk kumpul, meet up sama orang-orang. Sekalian me-maintain well-being juga biar hidup isinya nggak kerja doang. Selain itu, sebagai orang yang cukup introvert, ga baik juga buat gue kalo terlalu nyaman sendiri. Gue pernah baca quotes (Tapi lupa persisnya gimana), yang menyatakan bahwa "Once introverts find peace in solitude, akan bahaya karena mereka akan keterusan merasa nyaman dalam kesendiriannya dan susah lagi memulai hubungan dengan orang lain." Gue setuju sih sama hal ini.

Ya, terlepas dari teorinya si Erikson, emang dasarnya seneng untuk ngobrol dan menghabiskan waktu sama temen-temen sih hehe. Jadi mure aja kalo diajak pergi. Eits, introvert bukan berarti nggak suka bersosialisasi dengan orang lain loh, bukannya nggak suka pergi-pergi loh. But we're just get more energy when there are less people :)

Daaan ternyata yang merasakan hal seperti ini nggak hanya gue doang. Enaknya punya temen-temen dari jurusan psikologi, saling ngerti tanpa perlu banyak menjelaskan :) Sekumpulan orang-orang yang menyadari pentingnya work-life balance, bersedia untuk meluangkan waktunya untuk sama-sama relieve stress, make life happier, dan tentunya menjaga well-being masing-masing :))

LOL nama grupnya
After office hour meet ups

Rekan magaang <3 Ini ga termasuk ke dalem grup WLB kok

Dan mungkin kalo bukan karena mereka, review restoran di blog ini akan ga bertambah karena gue rada males update, but they forced me to do so :") Suka terharu campur malu kalo pas lagi ketemuan, malah mereka yang ngingetin atau maksa untuk foto makanannya dan write on my blog. Oh ya! Hal baik lainnya adalah meningkatnya frekuensi kulineran lagi :))

And again, gue ga mau momen-momen ini terlewat begitu aja. Tulisan ini dibuat salah satunya sebagai personal journal (or photo album :p) dan jadi reminder buat diri gue sendiri untuk selalu me-maintain hubungan dengan orang-orang :)

Uni-mates

Accidentally met
Another accidentally meeting


BEM

Tersusah ketemu kokoh ini
Kapan lengkap lagi?
Kapan lengkap lagi? (2)
Ketemu 1, satunya ngilang


Junior High School

One of the most important meet up
Long-lost friends
Long-lost friends (2)


Senior High School

HASTARA!
Sekalinya ketemu udah pada mau sekolah keluar :"
KS Bidang 1 :o
Menyambut Japanese gurls


MB

 
Sleepovah


Dear old friends, if you're now reading this post, just drop me a message and I'll be happy to catch up with you ;)

Btw, gue nemu video ini. Coba ditonton deh. Musik dan beberapa kata-katanya emang lebay sih, but most of it is true, isn't it?


Yuk mari ambil hp-mu dan jalin silaturahmi kembali!

You Might Also Like

0 comments