life

Sinergi Muda

June 28, 2017

Ada yang pernah denger Sinergi Muda (SM)? Kalo Indonesian Youth Conference (IYC)? Nah, Sinergi Muda itu adalah organisasi yang menyelanggarakan IYC. IYC hanyalah salah satu dari sekian banyak program-program Sinergi Muda.

Pertama kali gue tau tentang SM itu dari kakak gue yang pernah beberapa kali terlibat di kepanitiaan IYC. Saat itu gue masih kuliah dan sibuk MB jadi ga ada tuh kepikiran sama sekali untuk join disini. Nah, sampai gue dateng ke IYC tahun 2014, gue ngerasa acaranya itu bagus banget. Dan di tahun 2015 kebetulan gue udah tinggal skripsian dan mau cari kegiatan lain, daftar lah gue jadi panitia IYC. Sayangnya saat itu gue ga keterima.

Di 2016 kemarin, di saat lagi butuuh banget kegiatan di luar kantor, tiba-tiba gue dapet info kalo SM lagi open recruitment untuk Research Staff. Berhubung udah sedikit familiar dengan SM dan seneng research juga, daftar lah gue. Waktu itu tahapan seleksinya ada seleksi berkas, online form, dan interview. Singkat cerita Alhamdulillah gue diterima (finally! wkwk).

First Meet-up

Sampai saat ini berarti gue udah bergabung selama kurang lebih 6 bulan. Ngapain aja sih kegiatannya? Macem-macem banget dan tiap orang bisa beda-beda kegiatan di dalemnya. Kalo gue pribadi, karena gue di divisi riset, tentunya gue ngerjain riset baik untuk riset internal maupun eksternal. Dari mulai riset serius sampe fun survey.

Selain berkegiatan di divisi, gue juga berkegiatan di cluster. Apa itu cluster? Gampangnya cluster itu kayak peminatan. Jadi kita tertarik dengan topik apa, nah kita berkegiatan di bidang itu. Di SM sekarang ada 9 cluster, dan gue bergabung di 2 cluster yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan (KesKes) serta Post-Graduate and Work Life (PGW).

Di cluster ini kegiatannya macem-macem mulai dari bikin sharing session untuk internal, sampe bikin acara eksternal yang kita sebut dengan IndonesianYouth Pitstop. Dengan ngadain kegiatan-kegiatan ini, gue jadi dapet banyak kesempatan baru untuk ketemu, kenalan, dan ngobrol-ngobrol dengan berbagai orang dari berbagai organisasi/lembaga.

Di cluster KesKes, pertama kali ada sharing session sama mahasiswa-mahasiswa kedokteran ngomongin tentang kesehatan di Indonesia, kedua sama mahasiswa-mahasiswa psikologi dan juga dengan komunitas Into The Light ngomongin kesehatan mental, kemudian ngomongin financial planning sama kakak gue yang merupakan seorang financial planner sekaligus business consultant dari Klikonsul, terakhir sama PMI ngebahas tentang darah dan identitas medis. Hayoo pada tau ga identitas medis itu apa?

SS KesKes Vol.1 with Medical Students

SS KesKes Vol.2 with Psychology Students & Into The Light

SS KesKes Vol.3 with Ma Bro

SS KesKes Vol.4 with PMI

Kalo dari cluster PGW, gue pernah ikut 2x sharing session. Pertama tentang LPDP sama salah satu alumni LPDP yang sekarang jadi KaProdi FE Universitas Pertamina, dan kedua sama temen kuliah gue yang sekarang jadi HR-nya Tokopedia ngebahas tentang rekrutmen dan Millenials. Di PGW gue absen 2x sharing session sama ketua Mata Garuda (ikatan alumni LPDP) dan GM-nya Telkomsel.

SS PGW Vol.1 with Mpit, HR of Tokopedia

SS PGW Vol.4 with Kang Abay, LPDP Alumnus

Mungkin kalo bukan karena SM, gue belum tentu bisa ketemu dan ngobrol dengan orang-orang hebat itu. Ini hanya sebagian kecil dari kesempatan-kesempatan yang ada di SM. Hampir setiap hari ada aja undangan buat SM menghadiri acara inilah, itulah, dapet tiket gratis inilah, itulah. Malah ada yang pernah dapet kesempatan untuk terbang ke Singapura untuk mengunjungi kantornya Facebook, Google, Twitter. Kalo mau diikutin itu ada banyak banget sih kesempatannya. Jadi gue bisa bilang network-nya SM itu luas banget. Tapi gue pribadi belom pernah ikut kegiatan luar atas nama SM, karena mostly acaranya weekdays yang mana gue kerja.

Selain bikin kegiatan internal yaitu sharing session, kita juga bikin kegiatan eksternal yaitu IndonesianYouth Pitstop. Selama gue di SM, gue baru 2x ngadain Pitstop. Sekali bareng KesKes dan sekali bareng PGW. Waktu itu KesKes kerjasama dengan Nutrifood ngadain company visit ke kantor Nutrifood dan sharing tentang healthy lifestyle (liputannya bisa baca disini).

Sinergi Muda x Nutrifood

Kalo PGW waktu itu kerjasama sama IndoRelawan dan Kompas Karier ngebahas tentang manfaat kegiatan volunteering untuk dunia kerja. Sayang gue ga bisa dateng di hari H karena keluar kota, jadi ikut preparation-nya aja :( Dan kaget banget ternyata yang dateng banyak banget! Mengingat persiapannya agak mepet dan venue-nya cukup jauh.

Pernah juga bantu-bantu acara SM yang kerjasama bareng LinkedIn dan majalah Fortune. Waktu itu sampe cuti karena emang pengen dateng acaranya dan sekalian break dari rutinitas kantor lah hehe.



Jadi kalo temen-temen ada yang nanya Sinergi Muda itu ngapain sih? Intinya kita memberdayakan anak muda Indonesia agar bisa mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki. Jadi potensinya bisa dikeluarkan, dan waktu senggangnya bisa produktif nggak gabut-gabut doang. Dan kita berusaha menginspirasi anak muda lainnya juga untuk bisa melakukan hal-hal positif sesuai potensi mereka masing-masing. Bisa dibilang 3 kekuatan utama kita adalah event organizing (baik skala kecil maupun besar), online portal indonesianyouth.org dan media sosial @indonesianyouth.

Manfaat yang gue rasain selama berada disini tentunya nambah temen ya karena di SM ini banyak orang dengan latar belakang yang beda-beda, dengan usia yang beda-beda, memperluas network juga, terus nambah wawasan pastinya.

Meeting KesKes

Bukber dan masak-masak KesKes

Meeting RnC Dept

Buat yang tertarik pengen join Sinergi Muda, pantengin aja Instagramnya @sinergimuda atau webnya sinergimuda.org karena mereka suka ngadain open recruitment anggota. Kalo pengen ikut Pitstopnya, pantengin aja official Line accountnya di @indonesianyouth (pake @) :)

You Might Also Like

0 comments