life

Turkey Trip Part 2

February 11, 2017

Keesokan harinya, kami check-out dari hotel sekitar jam 10 pagi dan langsung menuju airport. Sesampainya di airport mulai merasa sedih karena akhir liburan semakin dekat dan akan segera kembali ke realita. Di Ataturk Airport Instanbul, pas lagi ngantri di imigrasi, gue ngeliat orang miriiiiip banget sama Merida, karakter dari film Disney Brave. Rambutnya, matanya, kulit putihnya. Mirip banget. Gue sama adek gue pengen minta foto tapi malu gitu. Akhirnya abis kita menyusun skenario minta foto, kita memberanikan diri buat minta foto wkwk.

Kami berangkat dari Istanbul menuju Doha, lalu dari Doha menuju Jakarta. Begitu sampai di Doha, ada yang janggal. Pramugari Qatar Airways udah menunggu kami disana sambil membawa kertas bertuliskan "Jakarta". Kami diinfoin ternyata kami harus dipindahin ke flight berikutnya karena flight kami overbooked. Kok bisa overbooked? Jadi ternyata karena cuaca kurang baik saat itu, penerbangan sebelum kami di-cancel sehingga penumpangnya dipindahin ke flight kami. Jadi kapasitasnya full dan terpaksa kami dipindahin ke flight besok pagi.

Tapiiii ternyata ada untungnya juga. Sebagai kompensasi, pihak Qatar udah nyiapin hotel untuk nginep semalem di Doha, makan di hotel, dan juga uang sebesar USD 250 per orang. Lumayan banget kaan. Jadi becandaannya kami, naik balon udara kemarin yang seharga USD 250 itu disponsori oleh Qatar :p Gue sih seneng-seneng aja selama besoknya masih ada hari libur dan bisa istirahat begitu sampe Jakarta.

Di hotel, kami disajikan makanan-makanan Arab. Ga tau itu apa, tapi enak-enaaak. Beneran enak-enak. Rasanya lebih rich dan lebih spicy dari makanan Turki, tapi rasanya enak banget. Plus point banget nih bisa nginep semalem di Doha dan nyobain makanan sana. Terus pas lagi makan, ada live music tapi maininnya lagu-lagu Indonesia kayak Ampar-ampar Pisang, Gundul-gundul Pacul, dll. Dari situ gue nyimpulin kalo kayaknya sih cukup sering kejadian kayak gue yang penumpang transit mau ke Indonesia harus menginap semalam disana. Jadi mereka pelajarin lagu Indonesia karena banyak orang Indonesia yang kesana.

Makan malam di Doha

Pas pagi hari menuju airport, kami bisa sekalian sightseeing Doha. Disini kotanya cukup modern tapi nggak terlalu ramai. Kanan-kirinya laut gitu. Cuacanya disini ga dingin kayak Turki, paling berangin aja gitu. 20 menit kemudian kami pun sampe di airport. Bener-bener time to go home..

Signature giant bear @Doha Int'l Airport

Di pesawat gue sepesawat sama rombongan-rombongan umroh yang pada batuk :( Mereka batuk terus gantian. Hem, tenggorokan gue pun ikut gatel dan pas sampe Jakarta bener aja gue langsung radang seminggu ke depan :( Padahal di Turki yang cuaca dingin gitu, gue tahan-tahan ga makan es, ga minum dingin supaya ga sakit. Eh malah pas pulang sakit.

***

Naah soal itinerary udah diceritain sebelumnya. Selanjutnya gue mau share lain-lainnya mengenai liburan kemarin. Gue pengen cerita tentang cuaca, makanan, shopping, culture, dan info-info random lainnya.

Cuaca
Gue pergi ke Turki bener-bener di akhir tahun dan itu lagi musim winter. Sebelumnya gue tanya ke temen-temen yang pernah pergi ke Turki di akhir-awal tahun mengenai cuacanya, outfit yang sebaiknya dipake. Karena gue pribadi adalah orang yang ga tahan dingin. Di ruangan yang kata orang-orang panas aja kadang gue kedinginan sampe pake pashmina/jaket. Jadi gue mau memastikan pakaian yang gue pake nanti ga ketebelan sampe kepanasan atau justru ketipisan sampe kedinginan.

Kata temen-temen sih di kota dinginnya masih wajar, cuma anginnya itu yg sesuatu. Ada sih ujan atau salju tapi nggak sering. Katanya pake sweater atau dress gitu masih bisa. Gue sempet bingung sih perlu bawa baju seberapa banyak dan setebel apa. Cuma karena prinsip gue itu mending kelebihan daripada kurang, jadi gue bawa lumayan banyak.

Ternyataaaa sepertinya tahun ini winternya cukup ekstrim disana. Ekstrim dalam arti lebih parah dari winter biasanya. Ramalan cuaca awal bilangnya suhu sekitar 3-8 derajatan. Ada sih yang minus sampai -3. Pada kenyataannya, mostly suhu disana minus bahkan pernah sampe -12 derajat. Bahkan gue seseneng itu ketika cuaca lagi di atas 5 derajat. Alhasil di saat orang-orang cuma pake 2-3 lapis, gue pake 3-4 lapis karena emang anaknya ga tahan dingin. Bahkan kadang gue double long john (baju daleman anget gitu).

Begitu sampe Turki, langsung disambut hujan air+angin+salju dan gue langsung menggigil gemeteran...

Saking dinginnya, kalo ngomong itu keluar uap kayak asep gitu. Tapi kalo difoto atau divideoin ga keliatan. Berkali-kali coba di berbagai tempat ga berhasil-berhasil. Yang paling keliatan ada di video Boomerang di bawah ini :p

FYI, ini pertama kalinya gue ketemu salju beneran. Dulu-dulu kalo ketemu salju paling ke semacem Snow World gitu yang saljunya buatan.. Ini baru bener-bener ketemu salju, ngeliat salju turun. Menarik sebagai pengalaman, tapi mikir-mikir lagi kalo lain kali mau trip ke negara yang lagi turun salju karena kurang nyaman untuk jalan-jalan dan koper jadi penuh baju dingin.

Gue kira salju bakal di Uludag doang ternyata kebanyakan kota yang gue kunjungi itu lagi salju tebel juga. Jadi sebenernya kalo mau liat salju tebel ga perlu ke Uludag karena di kota-kota lain juga banyak yang diselimuti salju. Dingin banget cuuyyy maunya di dalem bus aja menghangatkan kaki di atas heater wk.

Kanan kiri putih salju selama di tol

Uniknya, setiap daerah itu cuacanya agak beda-beda. Ada yang bersih dari salju (tapi tetep dingin banget), ada yang saljunya bener-bener tebel dan super dingin sampe rasanya kayak jalan di freezer. Sampe dinginnya nembus sepatu. Ada yang hujan air, ada yang hujan salju, ada yang angin parah.

Tips: Selalu baca ramalan cuaca setiap pagi. Mulai dari suhu, prediksi hujan, dan lainnya.

Lucunya, udah sedingin itu tapi masih ada aja yang teriak-teriak jualan es krim. Sebenernya penasaran sih nyobain Turkish ice cream asli sana. Apakah dimain-mainin kayak disini atau engga haha. Tapi saking dinginnya sampe ga nafsu.

Terus, kalo mau shalat pas lagi winter gini juga PR banget. Disana banyak mesjid dan mushala, tapi wudhunya itu biasanya di luar. Ya Allah, tiap kali wudhu rasanya kayak ice bucket challenge. Dingin BANGET! Airnya bener-bener kayak air penuh es. Buat wudhu bener yang masing-masing gerakannya dilakuin 3x itu super duper effort banget ga lebay. Karena sekali ngebasuh aja tuh rasanya beku. Sebingung itu sih kenapa ga ada air panas apalagi di tempat-tempat wisata. Alhasil biasanya gue wudhu di toilet which is indoor, terus langsung dilap tissue. Tapi tetep aja airnya sedingin air es. Agak merasa beruntung setengah perjalanan di awal gue lagi nggak shalat jadi ga terus-menerus wudhu dengan air es itu.

Makanan
Nah! Ini menurut gue suatu luxury tersendiri nih, karena makanan Turki di Indonesia itu mahal. Disana setiap hari bisa makan macem-macem makanan Turki, bahkan makanan tradisional yang dimasak sama ibu-ibu penduduk lokal sana, dabest deh. Gue ga tau itu makanan apa, namanya apaan, terbuat dari apa aja ingredientsnya, tapi enak-enak! Meskipun tampilannya terlihat kaya bumbu banget, tapi rasanya nggak kuat banget kayak makanan India. Bumbu makanannya berasa tapi nggak tajem. Tampilan makanan-makanannya sih seringkali ga menarik dan ga yang menggugah selera. Tapi pas dicobain ternyata enak.....

Makanan pertama setibanya di Turki. Keliatannya dikit, tapi kalo bisa ngabisin jago!
Dagingnya padet banget banget, terus nasinya kirain nasi putih biasa taunya nasi gurih gitu
Ini irisan daging pake saos apa ga tau plus mashed potato. Tampilannya ga menarik tapi rasanya YUMM!
Prasmanan makanan tradisional Turki
2 wanita ini yang masaknya
Ga tau apa ini yang gue ambil tapi enak-enak! Dan ludess :9

Maap sebelah kanan udah gue comot

Hampir setiap kita makan di restoran, pasti ada starter, main dish, dan dessert. Starter-nya mostly roti, salad, dan sup. Entah sup apapun itu kita sih makan-makan aja karena emang itu yang kita butuhin pas winter. Mungkin kalo di Indonesia gue belum tentu mau makan sup kacang merah, tapi disana karena butuh yang anget-anget jadi makan-makan aja.

Terus main dish-nya kadang nasi kadang kentang. Dan disini makannya pake garpu dan pisau! Even makan nasi juga pake garpu. Sendok dipake cuma buat makan sup. Tapi dasar orang Indonesia kreatif, biasanya abis makan sup, pas mangkok supnya diangkat, sendoknya minta ditinggalin buat makan nasi haha.

Terakhir dessert. Dessert-nya juga macem-macem dan enak-enaakkk... Pernah ada kayak custard manis creamy gitu, terus ada sesuatu kenyel-kenyel di dalemnya. Gue pikir apaa itu. Jelly bukan, agar-agar bukan, pas dirasain dan diliat-liat lagi taunya nasi! Laaah nasi jadi dessert. Tapi enak. Terus ada lagi kayak semacem sponge cake tapi beda sih, lebih padet dan moist gitu, terus atasnya cinnamon. Itu enak jugaa. Pokoknya makanan sana enak-enak deh! Tapi untuk dessert-nya banyak yang overly sweet.

Dessert yang dalemnya nasi. Ada yang tau namanya apa?
The famous Baklava

Ini tampilannya ga menarik sih.. tapi ini dessert juga. Yang sebelah kiri bawah rasanya kayak kolak

Kalo lagi nemu makanan yang agak hambar, disinilah peran Bon Cabe sangat besar. Pernah makan ikan, rasanya biasa aja. Pas dikasih BonCa, wiih sedaapp. Jadi better kalo kesini bawa Bon Cabe sama saos sambel.

Ini nih yang wajib dikasih Bon Cabe

Terus selama disini, hampir setiap pagi berlimpah keju. Disana kalo breakfast disediain bermacem-macem jenis keju. Bahkan ada cheese salad dong... Heaven.. Gue awalnya agak takut nyoba karena pas di Satoo Shangri-La pernah nyoba macem-macem keju di cheese station-nya dan itu banyak yang ga enak. Ga enak dalam arti ada yang keasinan, ada yang pahit. Tapi kalo ini gue cobain enak semua. Beda-beda rasa dan teksturnya tapi enak semua. Favorit gue keju yang melintir-melintir (ga tau namanya apa) karena teksturnya agak kenyal kayak mozzarella terus rasanya juga ga terlalu asin. Gue kalo makan itu bisa gue gadoin haha.

Cheese galore
Masih cheese galore. Kiri atas itu cheese salad
Ga tau yang mana dimakan sama yang mana, cocol aja sana-sini yang penting bisa dimakan lol
Terus ada juga minuman kayak susu creamy plus cinnamon namanya Salep! The only "salep" that could be drunk and delicious. The good news is mereka jual salep instan yang tinggal seduh. Gue bukan tipe yang suka minum minuman panas macem teh, kopi, coklat, tapi minuman macem gini berguna banget buat ngangetin badan ketika lagi winter.

Shopping
Kalo lagi traveling, shopping bukan tujuan gue dan merupakan prioritas kesekian yang kalo nggak dilakuin sebenernya juga gapapa. Beberapa kali pergi ke tempat belanja atau toko souvenir, gue malah suka bingung mau beli apa karena emang dasarnya nggak doyan belanja. Bahkan kadang lupa kalo seenggaknya perlu beli sesuatu lah buat diri sendiri sebagai tanda pernah ke negara atau kota itu. Gue pribadi lebih seneng kalo beliin oleh-oleh buat orang daripada buat diri sendiri belum tentu kepake juga.

Berhubung gue ikut tur, jadi lumayan banyak diajak ke tempat-tempat shopping yang eksklusif karena emang biasanya toko-toko tersebut kerjasama sama tur. Mulai dari toko oleh-oleh, jaket kulit, karpet, perhiasan. Nah di toko-toko eksklusif biasanya treatment-nya juga beda. Biasanya mereka akan show something dulu sebelum jual produknya. Misalnya di toko oleh-oleh yang mostly makanan, mereka akan kasih tester dan kasih tau bedanya produk mereka dengan yang lain. Di toko karpet, mereka kasih liat langsung proses pembuatan karpet dari mulai masih kepompong sutra, dijadiin benang, sampe proses ngejaitnya (atau ngerajutnya?) jadi sebuah karpet. Habis itu mereka ngegelar berbagai macam karpet dan sajadah yang bagus-bagus banget. Terus di toko perhiasan juga diliatin tukang-tukangnya yang lagi ngebentuk batu perhiasan. Nah, yang paling menarik pas di toko jaket kulit mereka ngadain fashion show gitu yang nampilin produk-produk mereka, bahkan kakak gue ditarik jadi modelnya juga wkwk. Dateng ke tempat shopping eksklusif kayak gini bagi gue merupakan objek wisata tersendiri karena unik-unik. Jadi seneng karena dapet experience-nya bukan seneng bisa shopping.

Itu kakak di belakang abis jalan di catwalk

Di toko-toko premium ini emang barangnya bagus-bagus banget sih seriusan. Jaket kulit yang dijual bahannya beda dan modelnya juga inovatif banget ga kayak jaket kulit pada umumnya. Karpet yang dijual luar biasa cantik, bahkan ada yang bisa berubah warna. Nah yang perlu di-note, pastinya ada kualitas ada harga. Kalo kata pemilik toko karpetnya, barang-barang disana itu HD. "High definition?" we asked, "No, high Dollar" he said. LOL. High definition iya, the details are amazing, tapi harganya juga high Dollar haha. Bahkan yang terbuat dari sutra dia bilangnya VHD - very high Dollar. Yaiyalah gimana ga VHD, sajadah sutra aja harganya USD 4000! Super duper cantik sih emang tapi ga kuat juga kalo harganya segitu. Untuk jaket-jaket kulit premium rata-rata harganya 1000an USD. Kalo di Grand Bazaar harganya bisa setengahnya bahkan kurang. Tapi ya mungkin kualitas dan modelnya juga beda. Nah, rata-rata toko premium ini kalo jual menggunakan USD bukan TRY.

Pajangan handmade yang details-nya luar biasa detil dan cantik

Kalo mau beli oleh-oleh atau barang-barang yang murah mending di Grand Bazaar. Karena banyak pilihan, murah, dan bisa ditawar. Nah uniknya, mereka itu enggan banget ngasih diskon, tapi mau ngasih barang gratis. Jadi kalo minta diskon nih, mereka kayak ga mau banget ngasih dan malah nyuruh kita pilih satu barang untuk dikasih gratis. Gue beberapa kali akhirnya dapet barang gratisan padahal yang belanja nyokap atau kakak haha.

Terus mereka sangat murah untuk ngasih tester. Mereka bener-bener nyuruh kita coba produk mereka terlepas dari nantinya beli atau engga. Kadang kan ga enak ya kalo nyoba tapi ga beli, beberapa kali gue menolak. Tapi mereka bener-bener kayak pengen kita nyoba gitu. Ujung-ujungnya banyak nyoba juga gue meski ga selalu beli. Paling sering dikasih coba macem-macem Turkish Delight sih, salah satu cemilan manis khas Turki yang rasanya campuran antara dodol, jelly, dan mochi. Saking seringnya dikasih tester Turkish Delight, pas beli oleh-oleh gue sama sekali ga beli buat diri gue sendiri karena udah enough banget makanin Turkish Delight yang manis banget itu.

1 kg Turkish Delight

Budaya
Disini gue ga akan ngomongin budaya tradisional mereka atau budaya yang gimana-gimana. Gue cuma pengen cerita tentang culture yang gue rasakan selama berada disana serta keramahan orang-orangnya (terutama para penjual).

Gue baru pertama kali tahun baruan di luar negri. Penasaran juga sih kayak apa rasanya tahun baruan di luar negri, karena kalo liat temen-temen pergi, perayaan di negara-negara lain menarik gitu. Tapi ternyata pas gue tanya tour guide gue disana biasanya gimana, apakah ada semacam pesta rakyat di suatu tempat gitu, dia bilang disana nggak terlalu merayakan tahun baru. Jadi disana nggak gimana-gimana. Pertama karena emang lagi winter yang super dingin jadi orang lebih memilih stay di dalem rumah, sama mungkin karena disana mayoritas penduduknya muslim yang menganggap tahun baru bukan suatu yang perlu dirayakan. Yang gue liat dress-up di malam pergantian tahun malah mostly turis, bule gitu. Mereka biasanya ikut perayaan di hotel atau club gitu. Ternyata bener, pas malem pergantian tahun, suasana sunyi senyap aja. Paling kedengeran suara dari club hotel.

Selama disana, ngerasa orang-orangnya cukup ramah terutama para penjual ya. Penjual-penjual disana sering banget nyapa-nyapa kita pake bahasa Indonesia. Mereka mempelajari bahasa Indonesia dasar, sekedar untuk nyapa calon pembeli sama deal-deal-an harga. Karena mereka bilang disana pengunjung yang berpotensi untuk belanja biasanya dari Indonesia, Malaysia, Arab, Mesir. Sedangkan kalo pengunjung dari Eropa engga terlalu. Jadi mereka coba belajar bahasanya dan nyapa-nyapa kita pake bahasa itu untuk narik perhatian. Yang lucu pas kita lagi di salah satu valley di Cappadocia, di tengah salju yang super dingin, ada penjual es krim teriak-teriak "Indonesia merdeka!!! Jakarta bagus!!! Merdeka!!!" Dia teriak-teriak sambil mengepalkan tangan ke langit dengan semangat haha. Intinya dia mencoba ramah dan narik perhatian dengan teriak-teriak tanpa henti selama kita disana. Tapi karena emang super dingin, kita ngga kepengen dan ga kuat juga buat beli es krimnya dia. Kita sih nyaut-nyautin aja, dari awalnya bales, "Merdeka!" sampe capek terus nyautin, "Udah lama kali merdekanya!" Kasian siihh doi teriak-teriak di tengah salju coba jualan ga ada yang beli. Tapi abis gimana dong masa lagi super kedinginan makan es krim :" Kenapa ga dia jualan minuman panas gitu ya.

Others
Kata tour guide gue, beberapa tahun belakangan ini pariwisata Turki agak menurun karena berita-berita mengenai terorisme disana. Padahal sebenernya disana masih cukup aman. Gue sendiri ga merasa terancam selama berada disana.

Mengejutkannya, ternyata pas malam pergantian tahun itu ada bom di salah satu club terkenal di Istanbul. Saat itu gue yang lagi berada di Izmir nggak tau-menau sampe temennya nyokap nanyain. Karena selama disana gue sama sekali nggak nyalain TV hotel sih. Sampe hotel udah malem, mending beres-beres buat besoknya, connect wifi, cek hp, terus tidur. Nah terus pas gue lagi di Istanbul, tepatnya lagi di Grand Bazaar, ternyata ada bom di Izmir! Ini gue juga ga sengaja taunya pas liat salah satu penjual lagi nonton berita. Jadi pas gue di Izmir Istanbul dibom, pas gue di Istanbul Izmir dibom :o Tapi kita yang berada di tempat lain sih nggak yang merasa terancam atau gimana.

Terus yang juga sesuatu itu, kan gue flight balik dari Istanbul itu tanggal 6 Januari. Eh ternyata tanggal 7nya ada badai salju yang menyebabkan bandara ditutup dan ratusan flight di-cancel. Antara merasa beruntung sama gimanaa gitu dengernya.

Setelah gue cabut dari Turki, kan transit dulu ya di Doha. Nah disini ada kejadian lagi nih. Kita terpaksa menginap semalam di Doha karena flight-nya harus dipindahin ke besok pagi. Ini udah gue ceritain di atas yaa..

Oh iya, intermezzo fun fact ga penting dikit. Di Turki banyak kamar mandi dan hotel yang lampunya pake sensor gerakan. Jadi kalo sensor mendeteksi adanya gerakan, lampunya baru nyala. Misalnya buka pintu gitu. Terus kalo kita diem lama, dia akan anggap ga ada orang dan lampunya mati sendiri. Kalo kita gerak lagi, nanti dia nyala lagi. Norak sih gue tapi menurut gue ini bagus sebagai cara menghemat penggunaan listrik.

Keuntungan ikut tur
Gue pengen cerita juga tentang beda dan keuntungannya kalo kita pergi pake tur dibanding pergi sendiri terutama kalo ke Turki. Ini gue ga bermaksud promo atau apa, pure karena gue puas dan ngerasain sendiri benefit-nya dibanding pergi jalan-jalan dan ngatur itinerary-nya sendiri.

Pertama, tentunya semua udah diatur mulai dari penginapan, makanan, transportasi, rute tujuan objek wisatanya, serta tour guide-nya. Untuk negara kayak Turki menurut gue ngebantu banget sih kalo ikut tur karena kita kan pindah-pindah kota ya setiap hari (kecuali kalo emang mau stay di 1 atau 2 kota aja), jadi ga usah repot lagi mikirin mau nginep dimana, terus pindah dari satu kota ke kota lain naik apa, rutenya kemana. Disini udah disediain semua penginapan bintang 5, terus ada bus yang nganterin kita keliling Turki. Hotel dan bus-nya pun free wifi. Ini menghemat pengeluaran juga karena kita ga usah beli simcard sana atau beli paket data provider lokal yang super mahal.

Untuk makanan juga udah terjamin kehalalannya dan variatif. Salah satu kesulitan yang gue rasain kalo pergi ke negara lain itu adalah soal makanan. Kita ga tau makanannya halal atau engga. Kalo mau aman, makan makanan India atau Arab. Tapi pasti kita pengen nyobain kan makanan khas sana, tapi yang halal gitu, sedangkan untuk negara mayoritas non-muslim biasanya susah cari makanan khas sana tapi halal. Nah kalo tur biasanya udah nyiapin restoran-restoran dengan makanan khas sana, tapi halal. Kalo di Turki sih mungkin ga terlalu susah ya karena emang mayoritas penduduknya muslim jadi makanan juga rata-rata halal. Cuma plus point-nya adalah kita diajak makan di tempat-tempat yang mungkin ga kepikiran sama orang-orang yang nyiapin itinerary sendiri. Contohnya makan di kapal, makan di cave restaurant yang nampilin tari-tarian tradisional Turki, makan di restoran bahwa jembatan Bosphorus, atau makan makanan tradisional Turki di pedesaan yang homey banget.

Dinner di bawah jembatan Bosphorus dengan view selat Bosphorus dan lampu di sekitarnya

Terus yang pasti adanya tour guide ngebantu kita banget kalo ada kesulitan disana. Apalagi Turki bukan negara berbahasa Inggris dan penduduknya banyak yang ga bisa bahasa Inggris. Jadi tour guide ngebantu kita komunikasi sama orang sana juga. Selain itu tentunya tour guide juga ngejelasin tentang negara tersebut beserta objek wisatanya. Jadi kita dateng ga cuma buat foto-foto, tapi tau juga sejarahnya dan kebiasaan orang-orang sana.

Gue pribadi ngerasa Turki bukan negara yang cocok untuk kita traveling sendiri. Mungkin beda kalo kamu emang explorer yang seneng jalan-jalan sendiri. Tapi menurut gue kalo mau keliling Turki beda-beda kota gitu, mending ikut tur sih supaya praktis dan bisa menikmati liburannya. Pokoknya gue ngerasa liburan kali ini terbantu banget dengan ikut tur. Thank you ESQ... :)

See you on the next trip!

Note: Full photos bisa klik disini ya. Sengaja dibikin Public khusus album yang ini. Maap foto saya gayanya gitu-gitu aja, ga bakat foto ala-ala hehe.