wellness

Jakarta Fit Fest 2016

October 07, 2016

Acara-acara di Jakarta sekarang semakin variatif. Setelah beberapa tahun belakangan muncul berbagai acara food festival dan fashion market, sekarang ada yang baru loh! Untuk pertama kalinya, Jakarta Fit Fest hadir sebagai The First and The Biggest Healthy Lifestyle Market Spot in Jakarta. Event ini diadakan tanggal 1-2 Oktober 2016 di Premium parking Gandaria City.

Gue yang lagi tertarik untuk nyoba berbagai macam olahraga, begitu liat publikasi event ini langsung kepoin instagram dan website-nya. Di acara ini ada demo kelas dari berbagai studio olahraga dan komunitas, bazaar makanan sehat, dan juga stand-stand yang jual pakaian olahraga. Dari IG dan webnya, keliatannya menarik banget jadi gue memutuskan untuk ikut.

Dengan membayar 100k, kita bisa ikut semua sesi kelas dalam 1 hari. Kalau 2 hari jadi 150k, sedangkan kalau mau ikut persesi dikenakan biaya 50k. Jadi 100k itu worth it banget sih. Terus dengan ikut acara ini, kita boleh sewa loker di Celebrity Fitness gratis, mandi dan ngadem gratis~ haha.

Waktu itu gue ikut yang hari pertama, isi kelasnya seperti di bawah ini:


Rencananya gue mau ikut semua kelas, tapi berhubung ada yang bentrok jadi engga bisa. Terus pas malem gue ga bisa ikut kelas zumba party karena kaki lecet akibat zumba siangnya :")



Strong by Zumba - Celebrity Fitness
Kelas pertama yang gue ikuti adalah kelas Strong by Zumba by Celebrity Fitness. Ini pertama kalinya gue zumba, karena katanya zumba itu bikin kurus dan gue ga mau semakin kurus :") Tapi karena pengen nyoba sekali lah, gue pun ikut. Nah kelas ini katanya beda sama zumba biasa karena ada beberapa gerakan yang lebih berat, kayak plank and jump berkali-kali. Masalahnyaa adalaah kelas itu di siang bolong jam 11-12 jadi bener-bener pas matahari terik di atas kepala.

Muka kepanasan, gerakan udah ngaco
Credit
Masya Allah banget panasnya. Muka gue udah merah banget. Udah gitu alas sepatu gue tipis jadi panasnya nembus ke telapak kaki. Panasnya pun yang bikin kepala pusing. Ditambah gue kurang kuat kalo olahraga kardio. Karena gue ga kuat banget dan tau kalo dilanjutin bakal bikin sakit, gue pun cuma ikut setengah. Selesai kelas zumba, kita ganti baju dan ngadem di CelFit karena kelas berikutnya masih sore.

Muka-muka dekil abis zumba sambil dipanggang


Krav Maga - Spartan House
Awalnya kurang tertarik dan ragu untuk ikutan kelas krav maga karena gue pengen banget ikut kelas pilates, dan krav maga ini persis sebelum pilates jadi takut kecapekan karena zumba sebelumnya capekk. Ditambah pas browsing, baru tahu kalo krav maga ini salah satu olahraga jenis bela diri. Meskipun belom pernah coba olahraga bela diri, sepertinya bukan gue banget. Tapi karena dibujuk-bujuk ikut, akhirnya ikut lah gue dengan setengah hati. Ternyataaa pas nyobain kelasnya seru banget! Instrukturnya semangat banget dan berhasil membangkitkan semangat peserta.

Pertama kita pemanasan dulu dengan move around the space. Gerak kemana aja secara acak. Terus kedua masih sama, lari gerak kemana aja dan ketika ada instruksi "touch!" kita harus nyentuh bahu orang lain, tapi kita sendiri ga boleh sampe kena sentuh. Selanjutnya pemanasan berpasangan dimana kita harus nyentuh bahu atau lutut pasangan, tapi kita ga boleh kesentuh. Rulesnya "Touch but don't get touched". Pemanasan terakhir sama kayak gitu tapi kalo ada instruksi change, kita ganti partner randomly. Pemanasannya aja udah seru menurut gue.

Credit
Selanjutnya baru mulai gerakan-gerakan bela dirinya. Intinya krav maga itu bela diri dengan tangan kosong. Dan ga seberat dan melelahkan yang gue kira. Dan ternyata menyenangkan juga "menyalurkan" agresivitas hahaha. Padahal gue ga berniat menyalurkan agresivitas, tapi ternyata itu yang gue rasain. Somehow agresivitasnya keluar dan tersalurkan, dan memunculkan semacam guilty pleasure haha.


Pilates - Cardea
Pilates merupakan salah satu olahraga mainstream yang belum pernah gue coba. Cukup penasaran bedanya apa dengan yoga, karena katanya mirip tapi beda. Disini kita disediain mat dan sebuah bola kecil yang ternyata kalau diangkat cukup berat. Gerakan-gerakan pilates ternyata cukup beda dengan yoga. Ada yang namanya sama, tapi gerakannya beda. Terus kalo di pilates ternyata "lebih gerak" kayak gerakan repetitif sedangkan di yoga lebih banyak stay dan menahannya. Cara nafasnya pun juga gue masih ngaco banget banget. Bingung kapan harus inhale dan exhale-nya. Daan ternyata pilates lebih capek dan berat daripada yoga menurut gue :")


Strala Yoga - Toma Studio
Sejak denger istilah strala yoga, gue coba browsing-browsing apa bedanya dengan yoga biasa tapi gue ga menemukan jawabannya. It just said that strala yoga is a rebellious yoga. Nah sebelum mulai sesi, instrukturnya ngejelasin apa bedanya strala yoga dengan yoga lainnya. Pertama, musik yang digunakan itu musik-musik yang lebih modern, bukan yang kayak suara alam. Kedua, kita lebih dibebasin untuk bergerak sesuai kemauan, kenyamanan, dan kemampuan kita. Nah mungkin disini letak rebellious-nya. Misalnya mau duduk sambil mengayunkan badan perlahan ke kanan-kiri mengikuti alunan musik, downward facing dog sambil kaki atau pinggulnya gerak-gerak, terus warrior 2 sambil ngapain juga boleh. Berasa aneh sih buat gue yang biasa yoga sambil stay, dan dengan aturan yang jelas kayak posturnya harus gimana pas di suatu gerakan. Tapi ini suatu pengalaman baru juga buat gue.

Credit

Credit
Credit

Itulah keempat kelas yang gue ikuti. Setiap mau mulai kelas, kita akan dikasih pisang dan kipas. Setelah selesai kelas kita dapet gifts lainnya. Daaan banyak banget yang menebar macem-macem voucher gratis! Mulai dari free trial kelas, voucher diskon belanja, vitamin, sampe sekadar stiker-stiker gitu. Terus pas lagi keliling bazaarnya, ada juga free body analysis dari InBody. Jadi berat badan, massa otot, lemak, gitu-gitu diukur dan dikasih suggestion yang perlu kita lakukan. Di booth yang sama, kita bisa nyoba 20Fit yang lagi hits itu. Di booth lain ada juga cek kesehatan kayak gula darah, kolesterol, dll. Di booth Cardea studio, ada cek dan analisis postur tubuh. And it's all free!



Kalau makanan gue ga terlalu ngelihatin sih (tumben). Tapi beberapa booth terutama yang jual minuman, ngasih free tester. Lumayan sih nyoba-nyobain gitu hehe. Gue cuma beli 1 cold pressed juice karena haus bangeettt dan minuman gue abis.

Ini aslinya warnanya biru loh! Suka banget warnanya

Seharian disini dari pagi sampe mall tutup, seru sih. Pengen nyoba kelas-kelas yang Minggu sebenernya karena lebih unik-unik, tapi takut tepar besoknya kerja. Daaan ternyata keesokan harinya bagun tidur badan gue pegel-pegel semua :") Pegel sakit yang kayak abis lama ga olahraga. Pegelnya sebadan-badan mulai dari pundak, bahu, punggung, lengan, paha, betis, seemua. Baru pertama kali gue pegel sakit yang bener-bener seluruh badan gitu. Dan pegelnya berlangsung sampai 2 hari. Tapi gapapa gue seneng kok.

Overall it was a good event with a good concept. Tapi mungkin publikasinya perlu digencarin lagi kali yaa, karena mungkin baru pertama kali diadain jadi belum terlalu rame. Untuk beberapa kelas rame banget, untuk beberapa kelas lainnya hanya ada beberapa orang. DAN, jangan bikin kelas di siang bolong :"")


Can't wait to come to the next fit fest!! Semoga tahun depan ada lagi yaa.




Jakarta Fit Fest
www.jktfitfest.com

You Might Also Like

0 comments