wellness

Power Swing Jakarta

September 12, 2016

FINALLY! Like, finally.

Setelah mupeng 2 tahun, akhirnyaaaa nyobain olahraga bernama Power Swing. Pertama kali tau tentang Power Swing ini adalah karena sering ngelewatin plang yang ada tulisan "Power Swing; Studio of Mind and Body" plus tulisan Anti-Gravity. Kata-kata yang ada di plang itu seems uncommon dan cukup mengundang penasaran.

Tapi menurut gue pribadi plangnya kurang eye-catching baik secara warna maupun desain. Jadi setelah beberapa kali lewat, baru akhirnya bener-bener iseng browsing untuk cari tahu itu sebenernya apaan.

Ketika browsing, wow gue langsung kaget. Ternyata semenarik itu toh Power Swing. Orang digantung-gantung pake kain warna-warni. Kemana aja guee, ada di deket rumah tapi baru tau ada tempat beginian. Pas tahun 2014 gue liat di websitenya, biayanya lumayan mahal untuk ukuran kantong mahasiswa, yaitu Rp 150.000,- pervisit. Menimbang-nimbang, saat itu gue pikir boleh lah ntar sekali-sekali gue coba. At least once in my life.

But nothing really forced me to try it :")

Setelah rutin ikut yoga di tahun ini, baru lah terpikir untuk bener-bener nyobain Power Swing ini. Bak gayung bersambut, ketika udah niat mau nyobain di suatu weekend, tiba-tiba gue liat Power Swing ngepost di Instagram bahwa mereka bakal ngadain free trial di weekend!

Cussss lah langsung gue daftar sebelum kehabisan slot. Gue pun ajak temen-temen juga, biar seru, dan biar ada yang fotoin :p

In waiting room before the class
Power Swing ini terletak di Jalan Gunawarman, beberapa gedung setelah KFC. Persisnya di atas Pistos. Studionya nggak besar, tapi nyaman banget menurut gue. Desainnya colorful dan ceria.

Disini ada 2 atau 3 studio gitu lupa. Studio pertama lebih kecil dan menggunakan dinding cermin di sekelilingnya, biasa digunakan untuk power swing, aerial yoga, dan acroyoga. Studio satu lagi yang gue masuki lebih besar dan digunakan untuk aerial silk, boot camp, dan box2fit. 

Jadwal kelas bulan Agustus 2016

Sambil nunggu kelasnya mulai, gue nanya-nanya sama masnya. Ternyata sekarang biaya per-visitnya itu Rp 130.000,-. Kalo kata guru yoga gue, ini termasuk murah karena di tempat lain bisa di atas 200 ribu. Kalo perbulannya 1 juta unlimited, tapi kemarin lagi ada diskon, kalo join berdua diskon 50%.

Selain itu ternyata variasi kelasnya cukup banyak dan unik-unik. Unik disini dalam arti olahraganya jarang ada di tempat lain. Yoga disini bukan yoga biasa, tapi pakai swing (aerial/anti-gravity yoga) dan ada juga acroyoga. Terus ada juga olahraga yang lebih "berat", yaitu box2fit dan boot camp. 

Tadinya gue pikir power swing dan anti-gravity yoga itu sama, taunya beda. Secara gerakan dan alat beda. Kalo power swing itu kayak kombinasi antara TRX dan yoga, jadi ga semelenturkan yoga gue ngerasanya. Kalo anti-gravity/aerial yoga itu yoga tapi pake swing. Ada juga aerial silk. Kalo ini bener-bener cuma tali jadi kita manjat-manjat sendiri :")

Oh ya, Power Swing Studio ini juga merupakan power swing pertama di Indonesia loh. Dan pas gue kesini lagi ada founder-nya juga yang namanya Simone. Orangnya cantik dan baik.

Waktu menunjukkan pukul 5 sore, kelas free trial pun dimulai. Saat ini partisipannya cuma 4 orang, 3 di antaranya adalah gue dan 2 temen MB haha. Pertama-tama kita diperkenalkan alat yang akan digunakan; ada grip dan swing yang terbuat dari bahan parasut. Setelah itu kita disuruh pasang grip-nya untuk pemanasan.

Nah pemanasannya ini lah yang gue bilang mirip TRX (Gue belom pernah nyoba TRX sih tapi keliatannya mirip). Bedanya, kalo TRX itu grip-nya cuma sepasang, kalo ini ada 3; high, middle, lower. Dan ternyataa pemanasannya capek banget! Gue pikir dengan gue rutin ikut yoga akan lebih gampang, ternyata berat dan justru keringetan banget pas pemanasan. Apalagi pas squat, paha gue langsung berasa kenceng. Parah. Dan 2 hari ke depannya paha gue sakit :")

Gerakan pemanasannya itu mengaktifkan dan manasin otot sih, beda banget sama yoga yang pelan-pelan aktifin ototnya, banyak melenturkan badan. Kalo ini tanpa ba-bi-bu otot langsung panas haha.

Pull your body up, girls!

Nah, mulai seru pas disuruh pasang swing. Disini lah sisi fun-nya. Kita mulai terbang-terbang tak menyentuh lantai hehe. Butuh keberanian sih untuk melakukan olahraga ini. Dan perlu percaya sama swing-nya. Karena pas meninggalkan lantai dan hanya bertumpu pada swing dan grip, jujur ada rasa takut kalau-kalau tiba-tiba jatoh. Perlu percaya juga sama kekuatan tangan kita, percaya bahwa mereka kuat menahan beban. Karena kalo lepas, gedubrak.

Tapi ketika berhasil melakukannya, seru banget dan meningkatan kepercayaan diri bahwa kita itu bisa.

Taken from @powerswingjkt Instagram stories
No we're not sleeping, pals. We're waking up our body
Superman Pose
Taken from @powerswingjkt Instagram
Zero Compression Inversion


Setelah capek-capek, puter-puter, terbang-terbang, bagian paling favorit adalah tidur di dalem swing! Jadi seluruh badan dimasukkan ke dalam swing yang menggantung, terus pejamin mata dan lampu dimatiin. Tidur dengan swing yang mengayun perlahan. Soooo relaxing. Tapi kurang lama haha.

Overall power swing ini worth to try, at least once in your life. Apalagi buat yang mau cari alternatif olahraga yang beda, olahraga satu ini patut dicoba. Seru dan fun meskipun beberapa hari ke depannya badan gue sakit-sakit :") Would like to come back again? Definitely yes!

After class



Power Swing Studio Jakarta
Jl. Gunawarman no. 67, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
(021) 7264766
www.powerswingjakarta.com

You Might Also Like

0 comments