asian

Taman Santap Rumah Kayu Air Ancol

June 25, 2016

Pertama liat foto restoran ini langsung bertanya-tanya, "Dimana nih???" Untungnya sekarang ada teknologi bernama Google yang bisa menjawab pertanyaan gue tersebut. Restoran unik ini bernama lengkap Taman Santap Rumah Kayu Air Ancol, atau pendeknya Rumah Kayu Ancol.

Restoran ini punya 2 tema, yaitu semi outdoor, dan tema kabin pesawat. Yang bikin orang-orang penasaran tentunya tema yang kedua, yaitu kabin pesawat. Interiornya yang eye-catching emang bikin penasaran banget. Katanya sih ini adalah pesawat bekas Sriw*jaya Air.






Ternyata untuk bisa makan di dalam pesawat ini ada beberapa syarat dan ketentuan. Paling pertama dan paling penting adalah reservasi! Walaupun lagi kosong atau ada tempat, kalau belum reservasi nggak boleh makan di dalam sini. Kata-kata ini gue buktikan sendiri ketika dateng kesana dan udah agak sepi, gue lihat ada sepasang orang mau makan disini nggak boleh karena belum reservasi. Mereka yang udah duduk terpaksa berdiri dan keluar lagi. Bahkan pintu pesawat ini juga dikunci supaya orang-orang nggak bebas masuk.

Ketentuan kedua untuk bisa makan disini adalah memesan set menu cabin. Ada 4 pilihan set menu yang ditawarkan. Harganya 599k ++ untuk maksimal 4 orang. Plus plus disini artinya belum termasuk tax and service, sehingga kalau termasuk tax and service totalnya menjadi 693k.



Kalau mau cuma berdua atau bertiga, boleh aja tapi tetep harus pesen set menu tersebut. Kalau mau ber-6, berarti harus booking 2 tempat dan pesen 2 set menu karena permeja maksimal 4 orang. Mejanya pun nggak bisa digabungin karena hal tersebut akan mengganggu jalan.

Karena buat gue makan disini cukup effort, maka gue memilih momen yang spesial juga untuk makan disini, yaitu di ulang tahun kemarin. Awalnya pingin ajak keluarga dan temen-temen tapi kan keluarga udah, jadi sama temen-temen aja yang setia memberi surprise setiap tahun :") 3 tahun di-surprise-in tapi ga pernah nraktir wk.

Dan sampai sana pun gue di-surprise-in lagi dengan kue dan kado. Beneran ga nyangka dan ga ngarep loh guys. Bener-bener deh kalian. But thanksss! Suka banget sama kadonya <3 Dan untuk yang ulang tahun, pihak restoran juga ngasih kado gitu. Waktu itu gue dapetnya tumbler.






Yuk mari kita mulai review tempat dan makanannya. Untuk makanannya, gue pesen set cabin B yang terdiri dari Sup Fukian, nasi, Lumpia Udang, Udang Tiger Dabu, Cumi Bakar Madu, Sapi Lada Hitam, Kangkung Cah Ayam, jus buah, dan buah-buahan. Untuk supnya gue request untuk diganti dengan Sup Jagung Kepiting karena katanya enak. Jadi lengkap deh ada kepiting, udang, cumi, sapi, dan ayam.

Untungnya gue udah pesen makanannya sebelum kesini jadi cepet keluarnya. Waktu itu gue reservasi dan pesen makanan langsung ke orang marketingnya lewat Whatsapp. Orangnya baik dan responsif.

Sori Sapi Lada Hitamnya nggak masuk frame

Lumpia Udang
Bentuk lumpianya agak beda sama yang di bayangan gue. Gue pikir lumpia gulung yang digoreng kemudian disajikan utuh gitu. Ternyata ini lebih mirip frozen food yang dipotong-potong baru kemudian digoreng. Tapi rasanya enak-enak aja sih. Nggak terlalu gurih, dan tekstur udangnya berasa.

Sup Jagung Kepiting
Supnya banyak bangeeet. Supnya gurih dan kental. Suwiran daging kepitingnya juga banyak.

Udang Tiger Dabu
Udangnya besar dan dagingnya banyak, tapi sayang agak susah dilepas dari kulitnya. Rasanya sih enak dan sambal dabunya pedes seger. Kalo cabenya dimakan lebih enak dan pedes sih tapi pedes bangett.

Cumi Bakar Madu
Cumi bakarnya juga enak bangeet. Cuminya nggak alot dan mudah dikunyah. Bumbu madunya juga enak.

Sapi Lada Hitam
Kalo menu ini gue ga begitu suka karena ladanya banyak banget dan bener-bener terasa.

Kangkung Cah Ayam
Kangkung Cah Ayam ini juga enak. Kangkungnya dimasaknya nggak terlalu mateng sehingga masih krenyes-krenyes pas dikunyah. Potongan ayamnya juga gurih dan banyak.

Ga nyesel pesen set menu ini karena overall semuanya enak! Porsinya pun banyak bangeeett. Sampai-sampai kita berusaha ngabisin buahnya dengan susah payah. Itupun sisa dikit buahnya. Belum lagi makan kue. Ber-4 aja menurut kami porsinya udah banyak banget, apalagi kalo cuma berdua.

Dari segi suasana, tempat ini nyaman banget menurut gue. AC-nya dingin banget, kursinya empuk, dan ga berisik. Beda banget sama yang semi outdoor. Panas dan suara live music-nya cukup kencang. Karena di dalam pesawat cukup eksklusif dan nggak terlalu banyak orang, jadinya nggak berisik. Udah gitu di dalam pesawat ini juga lumayan kedap suara.

Terus rata-rata orang pada sibuk menikmati makanan, mengingat saat itu jam buka puasa. Kayaknya kami yang paling berisik deh disitu. Sempet bingung nih orang-orang kok pada diem-diem amat. Pas kita mulai makan dan menikmati makanan, baru paham kenapa orang-orang pada kalem hehe.

Di bulan puasa, semakin malem semakin sepi jadi kami boleh berlama-lama disana. Kalau lagi rame dan banyak yang reserve, kayaknya dibatasi deh maksimal 2 jam. Dan karena udah sepi juga jadi boleh nyalain lilin. Kalo lagi rame engga boleh, takut bau asap mungkin.

Oh iya, waktu itu sempet mati lampu 2x haha. Kocak. Kesannya udah eksklusif banget tempatnya, eh tau-tau mati lampu. 2x lagi. Tapi ya overall oke lah tempatnya. Kocak aja sih. 


Soal pelayanan menurut gue mesti harus ditingkatkan lagi. Pelayannya nggak begitu ramah dan kurang cepat tanggap. Disana ada tombol kayak buat manggil pramugari gitu, tapi seolah jadi kayak hiasan aja karena pelayannya nggak langsung dateng. Harus kita teriak panggil baru dia dateng. Terus pas ditanya juga kayak bingung-bingung gitu pelayannya.

In summary, pengalaman makan kali ini unik dan berkesan banget buat gue. Tempatnya unik, makanannya enak, suasananya nyaman, ditambah dengan orang-orang yang spesial juga.



Taman Santap Rumah Kayu Air Ancol
Jl. Lodan Timur II no. 7
Taman Impian Jaya Ancol, belakang hotel Mercure
Jakarta Utara
(021) 6471 6351
0813 5190 0801
www.rumah-kayu.co.id

You Might Also Like

6 comments

  1. Dyani, seru banget tempatnya! Jadi pengen cobain bangettt

    margaapsari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa margaa cobaiin. Kapan2 kita kulineran bareng yukk

      Delete
  2. wow tempatnya seru banget kalau berdua aja gak seru kali ya asik rame rame hmmm ngajak sapa yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berdua sebenernya asik-asik aja siih, tapi PR-nya adalah ngabisin makanannya karena banyak bangeeet :")

      Delete
  3. Duh keluargaku nanggung nih berlima.. Kalo mesen 2 set menu kebanyakan pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget!! Keluargaku juga berlima dan kemarin bingung banget enaknya gimana. Terus kepikir ajak temen atau keluarga lainnya ajaa kayak kakek, nenek, atau sodara gitu hehe

      Delete