caredu

Shortlisted (4)

January 01, 2016

8. PwC (PricewaterhouseCoopers)


Nah, kalo PwC ini mungkin kurang familiar untuk anak-anak di luar jurusan ekonomi, tapi mostly anak ekonomi terutama anak akuntansi pasti tau perusahaan yang termasuk ke dalam Big 4 Auditors ini. Gue sebagai anak psikologi cuma pernah denger-denger sedikit aja tentang PwC, tapi nggak tahu juga ini sebenernya perusahaan apa. Nggak tau PwC ini sebesar apa.

Waktu itu gue liat lowongan Human Capital Staff PwC di Jobstreet. Gue sempet apply tapi nggak dipanggil-panggil. Kata temen gue yang kerja disana sih mereka cari yang udah experienced minimal 1 tahun lah. Sampai suatu ketika gue dapet jarkoman info lowongan magang di Human Capital-nya PwC Indonesia. Karena belum dapet kerja juga, gue pikir boleh lah magang buat ngisi waktu sambil tetep cari-cari kerja juga. Siapa tau juga ada kesempatan untuk ditarik jadi employee setelah selesai magang.

Gue pun cari-cari info tentang company ini baik lewat website-nya maupun dari temen gue yang kerja disana. Habis baca website-nya berkali-kali, tetep aja gue ga ngerti ini perusahaan apa :") Tapi gue tetep daftar aja lah karena yang gue tahu ini perusahaan bagus.

Akhirnya gue daftar via email sesuai dengan instruksi di jarkom tersebut. Nggak lama kemudian gue di-email oleh orang PwC-nya menanyakan availability gue karena akan ada phone interview. Wow responnya cepet juga. Gue pun memilih untuk phone interview 2 hari kemudian karena gue lagi proses di tempat lain juga.

Phone Interview
Ini pertama kalinya gue phone interview untuk waktu yang cukup lama. Biasanya phone interview cuma untuk screening jadi sebentar, sedangkan kalo ini emang bener-bener via telepon interview-nya. Katanya sih kalo anak magang emang biasanya interview-nya lewat telepon. Dan hanya phone interview aja step-nya.

Pertanyaannya sih seputar past experience, terutama pengalaman magang gue karena gue cukup banyak mencantumkan pengalaman magang. Selain itu ditanya kemampuan desain karena jobdesc yang akan dikerjain itu berhubungan sama desain juga. Ditanya juga soal skripsi dan preferensi pekerjaan..

Wawancara tersebut berlangsung selama lebih dari 30 menit dan gue di-interview oleh 2 orang, meskipun gue ga bisa bedain siapa yang lagi ngomong. Daan yang menyenangkannya (Dan baru pertama kali gue alamin) adalah wawancaranya pake bahasa Indonesia! :") Selama ini wawancara atau seleksi lain yang gue lalui selalu dalam bahasa Inggris. Setelah wawancara, katanya result-nya akan dikabari akhir minggu itu. Gue sedikit lega karena gue masih nunggu result di company lain.

Offering
Gue selesai wawancara jam setengah 3an, jam 5an kemudian gue ditelepon lagi! Katanya gue lolos dan diterima magang :O Kaget banget sumpah cepet banget prosesnya. Padahal awalnya dibilang result-nya akan akhir minggu itu. Temen gue yang interview-nya sebelum gue pun belum dikabarin. Gue pun ditanya kapan bisa mulai magang. Gue yang masih kaget plus lagi milih-milih bahan kebaya di toko kain juga, jadi gelagapan ga jelas. Gue bingung banget harus bilang apa karena sejujurnya masih nunggu result company lain.

Karena gue gelagapan ga jelas akhirnya mereka bilang akan send offering letter via email dulu, dan gue diminta konfirmasinya besok. Fiuh.. sedikit lega. Gue pun langsung email company satunya untuk percepat kasih tahu result-nya. Beruntung mereka cukup responsif.

Gue tungguin tuh email dari company satunya sampe besok.. Ga di-email-email :" Udah takut ditelepon PwC lagi aja gue. Sampe akhirnya keesokan harinya sekitar jam 7 malem gue diemail result yang gue tunggu-tunggu. Ternyata gue nggak dapet. Langsung lah gue konfirm PwC bahwa gue bisa start magang Senin depannya. Aaand there I go, gue pun magang di PwC untuk 3,5 bulan ke depannya. Cerita tentang pengalaman magang gue disana akan ada di post yang berbeda ya. Just wait for it! 


9. The Nielsen Company




Pertama kali gue tahu tentang Nielsen adalah saat gue dan temen-temen mewawancara orang HR Nielsen, yang ternyata adalah manager disana, untuk tugas salah satu mata kuliah. Buat yang belum tahu, Nielsen ini adalah salah satu market research terbesar di dunia. Kredibilitasnya udah nggak perlu diragukan lagi deh, kliennya juga dimana-mana. Dulunya company ini bernama AC Nielsen, tapi sekarang udah berubah jadi The Nielsen Company.

Setiap kali gue buka website Nielsen, disitu lagi nggak ada lowongan. Kalo gue cari di Jobstreet juga jarang banget ada. Pernah tuh sekalinya ada, gue apply tapi nggak dipanggil-panggil. Yang apply juga ratusan sih. Coba apply via email juga ga ada respon.

Pernah juga pas masih jaman skripsi gue nggak sengaja ketemu sama manajernya Nielsen di job fair dan gue langsung apply magang disana via email ke manajernya. Tapi engga ada balesan -_-

Sampe pada suatu hari, berbulan-bulan kemudian, pas udah cukup desperate cari kerja gue keingetan sama manajer yang pernah gue wawancara. Gue coba aja email ngelamar kerja malem-malem. Gue apply untuk 2 posisi, yaitu untuk HR dan Research Executive. Eh keesokan paginya langsung dibales! Katanya nanti timnya dia akan ngehubungin gue untuk proses lebih lanjut. Akhirnya ya ada balesan juga after all this time :"")

Keesokan harinya gue di-email sama orang HR-nya, isinya invitation untuk ikut Basis Test. Gue pun konfirm akan dateng, tapi gue masih belum tau aplikasi gue itu akan diproses untuk posisi yang mana.

Basis Test
Sesampainya di kantor Nielsen, gue mengisi absen dan lihat-lihat daftar absen. Jarang banget yang dari UI, kebanyakan sih dari ITB sepengelihatan gue. Dan kayaknya dia setiap minggu ada jadwal tes gitu kayak di PwC.

Saat itu gue tes berdua sama satu orang lagi dari S-2 ITB. Kayaknya harusnya ada kandidat lain lagi, tapi pada nggak dateng. Si anak ITB ini pun juga nggak tahu dia dipanggil untuk posisi apa, karena katanya dia cuma drop CV pas di jobfair dan saat itu Nielsen emang lagi nggak buka lowongan.

Sebelum mulai tes, orang HR-nya menjelaskan sekilas tentang company profile dan juga tahapan seleksinya. Ternyata memang belum ditentukan kita diproses untuk posisi apa, tergantung kebutuhan user katanya. Tapi setelah itu gue dapet bocoran dari temen katanya sih gue diproses untuk RE..

Basis test ini terdiri dari 20 soal logika matematika berupa soal cerita dalam bahasa Indonesia. Menurut gue sih soalnya lebih kompleks daripada tes-tes matematika lainnya yang pernah gue kerjain. Masih bisa dinalar sih, tapi lebih kompleks aja dan butuh pemikiran yang lebih panjang. Mesti teliti banget juga karena ini isian, bukan pilihan ganda yang bisa kita tebak-tebak atau ngasal.

Gue sih ngerasa bisa ngerjain meskipun ga tau bener atau engga, cuma ada 1-2 soal yang gue nggak ngerti soalnya. Selain soal matematika, ada juga 2 esai studi kasus dalam bahasa Inggris. Challenging tapi nggak terlalu susah sih menurut gue. Nggak tau tapi gimana hasilnya hehe. Jujur pas ngerjain analisis studi kasusnya gue semangat banget. Ngerasa banget kalo marketing dan/atau market research itu emang seru banget buat gue.

Total durasi pengerjaan itu 2 jam, tapi kita ditinggal saat ngerjain, bahkan kalo udah selesai ngerjain suruh kasih ke security aja. Ini sih yang bikin gue agak kayak, "He? Seriusan?". Katanya sih kita akan dikabarin dalam 1 minggu, tapi gue ga begitu yakin akan dikabarin dalam 1 minggu karena kata orang-orang proses di Nielsen itu lama bisa sampe sebulan lebih.

Seminggu nggak dikabarin gue juga ga follow up karena jadi nggak terlalu pengen setelah mikir-mikir lagi. Pertimbangannya banyak lah. Bukan karena nggak suka kerjaannya. Ngedenger kerjaannya kayak apa sih seru banget buat gue, tapi banyak faktor lain yang bikin keinginan gue untuk kerja disana menurun.

Sampai saat ini pun gue belum dapet kabar. Entah karena memang belum ada kabar, atau gue nggak lolos basis test-nya, atau mungkin temen gue bilang ke orang HR-nya bahwa gue udah kerja di company lain. Nggak tau sih hehe.


10. Kadence International




Nah, buat yang belum tau Kadence, Kadence ini salah satu saingannya Nielsen. Market research company juga. Di Kadence ini juga gue apply untuk jadi researcher-nya via email, tapi nggak dipanggil-panggil. Sampai suatu saat gue lihat ada lowongan untuk HR, gue pun apply juga. Gue apply Jumat malam, Senin pagi langsung ditelepon dan ada screening phone interview. Kemudian gue pun diundang untuk wawancara di kantornya hari Selasa.

Hari Selasa gue dateng dan nunggu sekitar setengah jam kayaknya. Iya, gue kan emang selalu dateng lebih cepet. Saat isi absensi, gue liat ada nama temen kuliah gue juga interview untuk posisi yang sama. Gue langsung super deg-degan. Deg-degan takut dibandingin (Ya iyalah pasti dibandingin), dan karena tahu dia punya kualitas yang oke.

HR Interview
Interview pun dimulai oleh orang HR-nya. Pertanyaannya seputar diri kita, preferensi pekerjaan, dan gue ngerasa banyak 'If question', dalam arti kejadiannya belum terjadi. Nggak banyak pertanyaan tentang past experience. Awal-awal sampe pertengahan pake bahasa Inggris, tapi abis itu pake bahasa Indonesia sampai selesai. Wawancaranya cepet banget cuma 15 menitan.

Setelah  itu gue diminta menunggu untuk HR Manager interview. Katanya sih HR Manager-nya lagi ada meeting, gue pun ditawarin untuk reschedule. Tapi gue lebih memilih menunggu daripada harus bolak-balik. Gue nunggu cukup lama hampir sejam lah.

Personality Assessment
Sembari menunggu, gue diminta ngerjain asesmen kepribadian, atau biasa disebut tes kepribadian. Gue kurang suka sih nyebut tes kepribadian karena dari apa yang gue pelajari saat kuliah, yang namanya tes itu ada benar-salahnya sedangkan kepribadian itu nggak ada benar-salah. Jadi kurang tepat kalo disebutnya tes.

HR Manager Interview
Interview sama HR Manager disini lebih nanyain kompetensi sih, dan kesiapan kita untuk masuk ke industri market research. Karena industri market research di company manapun itu sepertinya butuh orang yang tough. Saat interview ini gue juga banyak dijelaskan soal jobdesc dan HR Manager-nya banyak ngasih tahu kriteria orang yang dia cari itu seperti apa.

Gue pun dikasih tau nanti kalo lolos akan ada interview sama Managing Director, antara hari Kamis (Karena Rabunya tanggal merah) atau Senin (Karena Jumatnya ada acara kantor). Malam harinya pun sehabis maghrib gue ditelepon katanya hari Kamis pagi disuruh dateng lagi kesana.

Offering
Kamis pagi gue dateng dengan mental untuk wawancara. Jujur deg-degan sih karena akan diwawancara sama MD-nya, dan MD-nya adalah orang expat. Meskipun gue baca di blog-blog orang katanya nyantai dan orangnya baik banget, tapi tetep aja deg-degan.

HR Manager-nya pun menemui gue dan mengajak gue ke ruangannya. Ternyata kata MD-nya gue ga perlu wawancara sama beliau, sampai HR Manager aja. Dan HR Manager-nya bilang dia udah OK sama gue. Maka gue pun langsung dikasih offering letter.

Gue dijelasin dulu penawaran dari company-nya gimana, seperti gaji, fasilitas, dll. Kemudian gue dikasih waktu 1 hari untuk berpikir dan diminta masuk di hari Seninnya karena mereka butuh cepet :") Gue ga nyangka prosesnya akan secepet itu sih. Dari mulai gue apply, gue seleksi, hingga akhirnya offering, itu kurang dari seminggu. Super cepet banget.

Nggak nyangka aja akhirnya gue diterima kerja dengan proses yang super singkat, mengingat gue segitu kerasnya berusaha di perusahaan-perusahaan lain, yang prosesnya panjang dan lama bisa sampe berbulan-bulan, sedangkan disini prosesnya cepet banget. Masih kaget akhirnya gue keterima kerja dan lewat proses yang kilat.

Jujur setelah dapet offering letter itu gue malah jadi galau karena sebenernya masih nunggu result dari company lain yang prosesnya udah lebih dulu, prosesnya panjang, dan udah tinggal nunggu result juga. Setelah galau-galau dan menimbang-nimbang, konsul sana-sini, akhirnya gue menerima tawaran dari Kadence.

Akhirnya tepat tanggal 15 Desember 2015 pun gue resmi bekerja di Kadence International sebagai HR Assistant Executive. Berakhir sudah perjalanan panjang gue mencari pekerjaan :") Dan setelah gue jalani selama kurang lebih 2 minggu, so far so good sih. Sejauh ini gue ngerasa enjoy. Nggak semenyeramkan yang gue bayangin sebelumnya. Bismillaahirrahmaanirrahiim, semoga betah!

And thank you for reading! Semoga tulisan super panjang ini bisa cukup informatif untuk kalian. I wish you a very good luck for your career dear job seekers!!

You Might Also Like

44 comments

  1. hai, kalo boleh tau, email PWC apa yaa? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk fresh graduate dan internship bisa kirim aplikasinya ke recruitment.graduate@id.pwc.com :)

      Delete
  2. Hai Dyani,

    Mau tanya soal recruitment di Nielsen Indonesia, waktu itu basis test di Nielsen kapan ya ? and tes nya benar isian semua dan ngga ada multiple choice ?

    Thank you.. :)

    ReplyDelete
  3. Hai Dyani,

    Mau tanya seputar recruitment di Nielsen Indonesia, waktu itu basis test nya kapan ya ? and soalnya itu benar isian semua dan ngga ada multiple choice ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Jihad,

      Waktu itu sih tesnya bulan November 2015. Iya betul soalnya isian semua dan ngga ada multiple choice, jadi tricky dan ngga bisa nebak-nebak hehe. Selain itu ada soal esainya juga

      Delete
  4. Hai ka, aku boleh tau kah email untuk apply di neilsen krn aku apply jobstreet blm direspon ka:). Aku juga mau email kadence dong ka mau apply jg:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Debora, sorry for the late reply.

      Aku kurang tau alamat email resmi utk apply job di Nielsen itu apa, karena waktu itu aku sendiri nggak nemu alamat email-nya. Kalo buka website-nya juga cuma nemu email company general-nya.

      Kalo utk apply di Kadence, kamu bisa kirim email ke joinus_indonesia@kadence.com :)

      Delete
  5. Hai,
    Aku mau nanya dong, kalo Kadence bisa ada kesempatan magang untuk mahasiswa s2 kah? Makasih banyak. Congrats akhirnya bertambat di Kadence

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fitria. Bisa aja kok untuk S1 maupun S2, tapi ada atau nggaknya lowongan magang tergantung kebutuhan perusahaan. Kamu minatnya magang di bagian apa?

      Delete
    2. Minatnya sih dibagian research. Aku jurusan menejemen komunikasi promosi dan pemasaran.

      Delete
  6. Kerja di nielsen dan kadence harus bisa bahasa inggris yah

    ReplyDelete
  7. Hai. Aku Lona. Ada saran gak utk basis test di nielsen bisa latihan soal yg kaya apa ya? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lonaa. Hmm apa ya, menurutku soalnya itu kayak soal cerita ulangan matematika pas SMP SMA gitu siih cuma versi lebih kompleksnya. Kalo ditanya latihan aku jg bingung hehe. Mungkin bisa latihan ngerjain soal cerita matematika

      Delete
  8. Hi Dyani.

    Mau tanya, kira-kira dulu magang di pwc di periode yg mana? Dan waktu antara ngirim email sampe dijawab itu di hari yg sama/beda berapa hari setelahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu magang di PwC 3,5 bulan dari Agustus-November. Waktu itu jarak dari apply sampe dapet email balesan pas 1 minggu.

      Delete
    2. Kalau ngajuin internship ke pwc itu pakai bahasa inggris atau indonesia kaa?

      Delete
    3. Setahuku ga ada ketentuannya, tapi sebaiknya Bahasa Inggris aja

      Delete
  9. Hay dyani, i just found your blog when surfing on google and I was enjoying the flow of your job seeking experience until here. I have to say that this is so insigtful, and worth to read. Basically most of the companies you applied for are pretty close with my preferences, and your information would help me to preparing at my best. Goodluck for your career in Kadence, wish a cross path with you some day in the future.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fadhil!

      First of all, sorry for the (very) long post, but I was very pleased to hear that you enjoyed reading it. I wish you can do your best in every recruitment step you take, and get a job at the right time. Once again, thank you for the compliment :)

      Delete
  10. Kalo mau apply kto kadence email ya via apa yaa kak? Makasih loh saya baca pengalaman kakak dr shorlisted 1-4 perjuangan yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kamu rajin bangeet bacain semuanya :")

      Kalo mo apply ke kadence bisa email ke joinus_indonesia@kadence.com
      jangan lupa tulis juga yaa posisi yg diminatinya :)

      Delete
  11. Halo Kak Dyani, Jaka lagi butuh cepet utk permanen. Sekian infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx y remon atas informasinya :)) sangat informatif :)) salam dari hermione

      Delete
  12. Kakak, masih di Kadence?boleh tau gak kak, disana jam kerjanya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih. Disini jam kerjanya fleksibel, jadi terserah mau dateng jam berapa aja yang penting minimal 9 jam di kantor (8 jam kerja + 1 jam istirahat)

      Delete
  13. Selamat siang kak, saya mau nanya utk apply kadence, pilihan job position yg tersedia apa ya? atau mgkn bs dilihat dimana? Researcher saja kah atau mungkin Management Trainee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, utk lowongan yg sedang vacant kamu bisa liat di Jobstreet yaa. Untuk saat ini lowongan yg tersedia adalah Quantitative researcher & Qualitative researcher dgn pengalaman minimal 1 tahun. Untuk fresh graduate ada lowongan project admin. Kalo mau apply bisa kirim lamarannya ke joinus_indonesia@kadence.com yaa

      Delete
    2. Terimakasih banyak ya kak, berguna sekali infonya :)nanti kalo aku ada pertanyaan lain, blh aku kontak kakak lg ya? hehe, semoga sukses terus kak karirnya

      Delete
    3. Trmksh kak infonya, saya sdh krm job application sbg quantitative research trainee di email join_us@kadence.

      Delete
  14. Hai kak mau nanya klw fresh graduate bisa magang nda di PWC ato hanya untuk mahasiswa tingkat akhir aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, fresh graduate boleh kok magang di PwC. Akupun juga dulu magang disana setelah lulus

      Delete
  15. Hai kak mau nanya, kalo misalnya aku mau apply internship dr email ini recruitment.graduate@id.pwc.com , itu prosesnya seleksinya sama yg kayak kakak? kalo semester 6 mau coba bisakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Michelle. Tergantung kamu apply-nya untuk divisi apa. Kalo aku di Human Capital, phone interview cuma sekali. Tapi kalo selain itu kayaknya 2x deh, pertama phone interview sama HC-nya dan yg kedua sama usernya.

      Aku lupa bisa mulai dari semester berapa. Dicoba dulu aja, kayaknya bisa deh. Good luck!

      Delete
  16. Hi, Kak Dyani!

    Sebelumnya perkenalkan, aku Devia mahasiswa tingkat akhir jurusan Manajemen UI dengan peminatan Marketing. Salam kenal, Kak :)

    Aku mau tanya, di Kadence ada divisi apa saja ya yang terkait dengan Marketing Research? Aku berencana akan apply untuk internship position yang terkait Marketing Research karena itu field yang aku sangat passionate dan kuasai. Sebelumnya aku sudah pernah internship di project-nya BCG dan Sinarmas untuk posisi Consumer and Market Research Intern. Tapi aku masih belum tahu kira-kira posisi apa yang paling sesuai dengan minat dan kompetensi yang aku sebutkan itu. Oh iya satu lagi Kak, sekarang aku lagi jadi Asdos di kampus, nah kalo di Kadence bisa tidak ya magang sambil ngasdos? Aku ngajar 2 sesi per minggu.

    Thank you & have a great day, Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Devia, salam kenal ya.

      Departemen research di Kadence ada 2; Quantitative & Qualitative. Biasanya kedua departemen itulah yg buka internship. Tapi ngga ada periode khusus magang, biasanya tergantung kebutuhan. Kalo lg engga ada vacancy, biasanya CV yang masuk kita tampung dulu. Once ada kebutuhannya baru kita hubungi.

      Kalo kamu minat apply ke Kadence, boleh kirim CV + transkrip ke joinus_indonesia@kadence.com yaa

      Delete
  17. halo Arvidyani!


    aku Alhamdulillah dapet kesempatan untuk basis test di Nielsen, kalo boleh tau, apa faktor-faktor yang buat lo jadi mikir dua kali lagi untuk ke Nielsen? atau mungkin faktor pembeda between Nielsen dan Kadence mungkin?

    Dan apa sekarang masih di Kadence? what does it feel like udah sekian lama ada di Kadence?


    Makasih banyakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gita,

      Aku diproses di Nielsen saat aku masih di PwC, jadi saat itu aku ngebandinginnya bukan dengan Kadence. Hmm pertimbangannya ada beberapa, tapi yang paling utama adalah dari segi Work-Life Balance (WLB). Karena katanya aku diproses disana untuk posisi researcher yang mana workloadnya akan tinggi banget dan kerjanya juga akan long hour, sedangkan aku tipe orang yang cukup mengutamakan WLB.

      Pada akhirnya aku tau kalo isu WLB tersebut ga hanya terjadi di Nielsen tapi di market research pada umumnya, bahkan hampir semua market research. Nah di Kadence aku kerja di bagian HR, jadi workload dan working hournya agak beda nih sama researcher.

      Kalo mau tau pengalamanku kerja di Kadence, bisa baca di 2 post ini yaa kebetulan banget baru aku publish hari ini :D
      Post 1: http://mylittlecolorbox.blogspot.com/2016/11/my-not-so-first-job.html
      Post 2: http://mylittlecolorbox.blogspot.com/2018/08/kadence-20.html

      Delete
  18. Halo ka.
    Seru baca isi blog2 kaka. Kebetulan aku juga dipanggil basis test di Nielsen. Tapi setelah tanya sana-sini tentang perusahaan MR khususnya Nielsen, memang long hour working nya sangat "sangat". Walaupun suka sama bidangnya tapi aku yang kebetulan cuma tinggal berdua dengan ibu, sangat concern dengan WLB ini, apalagi jam kerja yang panjang. Menurut kaka, kl kita membalas email undangan dengan penolakan beralaskan alasan pribadi dan keputusan keluarga, itu lumrah/sah/etis saja ga sih ka? Walaupun kita udah dapat email undangannya, karena baru selesai riset tentang perusahaannya sesudah dapet email undangan tes basis (dapet undangan H+2 lamaran). Berat tapi saat ini memang harus saya lepas ka. Terima kasih. Semoga dibalas komentar saya ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arvidyani Anindita16 January 2019 at 22:03

      Hai hai. Nggak apa2 kok kalo kamu mau mengundurkan diri dari proses rekrutmen karena personal / family reason. It is totally fine, yang penting dikomunikasikan dengan baik ya ke recruiternya

      Delete
  19. Halo kak mau tnya, untuk magang di PWC, ada tesnya gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Monica, kalo waktu itu sih aku engga ada, cuma phone interview aja

      Delete
    2. O iya untuk apply pwc, hrus buat motivational letter juga ya kak seperti di webnya? kalau sperti itu perlu gak kita tulis di motivational letternya rencana kita di KAP 5thn mendatang? soalnya ku pikir ini bru program magang. tpi perlu gk ya kak?

      Delete
    3. Untuk motivational letter ngga ada format bakunya sih harus tulis apa. Terserah mau tulis apa aja yang penting menjelaskan kenapa kamu mau magang disana

      Delete