life

Become A Coach: Al-Azhar Pusat

June 02, 2015

Setelah sebelumnya gue cerita tentang pengalaman ngelatih drum band di SD Al-Azhar Kemang Pratama (baca disini), seperti yang gue janjikan kali ini gue akan cerita tentang pengalaman gue sebagai pelatih drum band di SD Al-Azhar Pusat, khususnya section color guard. Btw seharusnya sekarang ini gue ngerjain skripsi, tapi apa daya diriku sedang tidak mood jadi pelariannya bayar utang kesini :'

Anyway, tahun lalu gue seseneng itu dapet tawaran ngelatih di Alpus (Thanks to Ical!). Cause you know what? Cause this was my school!! Yes, I'm an alumnus of this school, and I was a part of its color guard squad! Bener-bener excited pas dapet kesempatan ngelatih di tempat dulu gue dilatih. Di tempat pertama kalinya gue kenal drum band dan color guard. Nostalgia bentar, dulu gue ikut ekskul ini sejak kelas 3 sampe kelas 6. Dari awalnya pianika sampe masuk color guard. Dan kostum color guardnya pun masih gue simpen dan masih muat haha.

Rompi dan roknya masih muat sampe sekarang :p
Dari zaman dilatih sampe sekarang ngelatih, flag nemo ini masih ada :')

Selain itu salah satu alesan gue terima tawaran ini adalah karena jaraknya yang deket banget dari rumah dan kebetulan adek gue masih sekolah disitu jadi masih familiar banget sama sekolahnya. Bahkan guru-guru, kepala sekolah, dan orang-orang kantinnya juga sebagian masih pada inget sama gue :') Padahal udah ada ribuan alumni sekolah itu dan apalah gue pas SD bukan apa-apa yang pantes dikenal.

Beda dengan pas di Alkemprat dulu, kali ini gue bener-bener jadi pelatihnya, bukan sekedar asisten pelatih. Gue lah yang harus bikin koreografinya, ngoordinasi segala hal yang berkaitan sama anak-anaknya, bertanggung jawab terhadap kebutuhan alat, bikin desain bendera juga. Awalnya sempet bingung banget pas disuruh bikin gerakan sampe konsul kesana-sini haha. Sempet clueless juga pas disuruh bikin desain bendera, untung masih ada kak Dedi yang bersedia gue tanya-tanyain.

One of my designs
Belajar pasang scotchlite

Awalnya gue dibantu Luli juga dalam ngelatih karena kan latihannya seminggu 2x sedangkan di salah satu harinya gue kuliah. Tapi abis itu gue jadi pelatih solo karena Lulinya kerja dan kebetulan jadwal kuliah gue udah lowong jadi gue bisa ngelatih 2x seminggu.

Lagi-lagi, ngelatih anak-anak itu susah-susah-gampang. Harus bisa peka sama kondisi mereka. Kapan mereka lagi semangat, kapan lagi demot, kapan lagi bete, dan harus bisa kasih motivasi. Tapi ada kalanya nggak boleh terlalu dimanja juga, mesti ajarin disiplin dan mungkin tegas kalo mau mereka maju.

Gue percaya bahwa kemampuan anak-anak itu nggak serendah yang kebanyakan orang kira. Banyak orang yang bingung pas gue kasih tau gue ngelatih anak SD. Mereka pada mikir, emang anak SD bisa? Bisa gitu muter-muterin bendera? Atau, paling gerakannya gitu-gitu aja. But no, I'm not one of them who think like that. Gue berkaca pada gue waktu di usia itu, gue ngeliat gue dan temen-temen gue ga bego kok. Kami bisa diajarin gerakan-gerakan yang ribet dan variatif. Kami juga udah diajarin lempar bahkan (meski ga diwajibin nangkep hehe).

Color guard practice

Gue percaya anak-anak yang ini pun juga punya kemampuan yang lebih. Gue yakin mereka punya kapasitas untuk terima gerakan-gerakan yang lebih kompleks dan ga terlalu repetitif. Dan ternyata beneran terbukti kok. Mereka bisa nangkep dengan baik, meski kemampuan anak beda-beda ya ada yang cepet nangkep ada yang harus diberi perhatian lebih. Tapi pada akhirnya mereka semua bisa. Setiap lagu pun gue naikin tingkat kesulitannya.

Hal yang bikin gue kaget ketika main kesini lagi adalah jumlah anak-anaknya yang sedikit banget dibanding zaman gue dulu. Kalo kata gurunya sih sekarang disini kebanyakan ekskul, jadi minat anak-anak pun terpecah. Beda sama gue dulu yang mana belum terlalu banyak pilihan ekskul dan ekskul drum band ini jadi salah satu ekskul favorit.

Lagi PBB pianikanya cuma ber-3 :"")
Anak perkusi yang rajin dateng PBB
Kak Japi lagi ngelatih dedek-dedek pianika
Pit Percussion
Gapapa dek rifle-nya didudukin aja gapapa kok
Duo yang paling anti difoto

Dimana-mana kayaknya emang susah banget ya latihan lengkap anaknya :') Drum band sekarang pun hanya sebagai ekskul aja, nggak aktif ikut kegiatan-kegiatan seperti lomba atau pentas. Agak sedih sih dengernya. Sangat menyayangkan ketika inget ekskul ini dulu berjaya banget.

Di kepengurusan yang baru dan dengan pelatih-pelatih baru, kami berusaha menghidupkan ekskul ini lagi. Mulai dari nekat ikut lomba H-sebulan. Saat itu target kami bukan juara. Kami nggak ngejar juara karena kami sadar kami masih jauh banget dari kata siap. Yang kami kejar adalah kasih pengalaman untuk anak-anaknya. Kasih pengalaman lomba, pengalaman tampil di depan banyak orang.

Lomba perdana dengan tim yang masih sedikit
Kostum musiknya pun masih pinjem :')
Kecil-kecil udah bisa dandan :')
Menunggu March-in

Dapet peringkat 8 di lomba perdana aja udah bersyukur banget. At least itu setengah dari jumlah peserta yang ikut. Sebagai new comer, cukup bangga bisa dapet peringkat tengah-tengah. Hanya aja FC-nya yang emang talented dapet juara 3 untuk kategori Field Commander. Gue juga seneng dapet pujian dari penonton yang bilang bahwa meskipun anak Alpus kecil-kecil tapi mainnya rapi dan bareng :') Iya sih kalo dilihat-lihat, dibanding sekolah lain, anak kami itu kecil-kecil banget badannya. Ketika di sekolah lain yang ikut kelas 3-6, di kami yang ikut dari kelas 1-4 :") Yang kelas 4 pun sedikit. Jadi mau bikin gerakan juga ga bisa yang sulit-sulit banget.

Jangan lupa ibadah :-)
Budaya MB mana pun: Makan bareng

Sejak saat itu, sekolah pun mulai menaruh perhatian lagi ke ekskul ini. Kepala sekolahnya pun ngedorong drum band untuk ikut berbagai event dan lomba baik internal maupun eksternal sekolah. Sekolah dan orangtua juga jadi supportif banget dalam menyediakan fasilitas untuk ekskul ini, termasuk pengadaan alat dan kostum baru :"") Yang bikin tersanjung adalah kepala sekolah yang mempercayakan ini semua ke pelatih-pelatihnya. Kemudian pelatih yang tadinya cuma 2 orang ditambah jadi 4 orang, masing-masing 1 untuk setiap section. Selain itu, peminat ekskul ini pun bertambah jadi 60an anak. Oh ya, akhirnya drum band sekolah ini punya nama, yaitu Gita Bahana Alpus.

Menunggu pelepasan dari kepala sekolah
Antre Make-Up
Kepala suku perkusi, yang paling semangat dan rajin latihan

Pada beberapa event, DB Alpus tampil sebagai pengisi acara, beberapa juga acara dari pemerintah DKI. Pada beberapa kesempatan juga kami ikut lomba. Sayangnya nggak semua lomba bisa kami ikuti karena terbentur jadwal sekolah. Di setiap lomba juga kami selalu meningkatkan kualitas dan menambahkan lagu.

Kecapekan habis parade panas-panasan di Monas
Pagi-pagi udah standby di sekolah untuk tampil di pembukaan Alpus Cup
Performer @ Jakarta Marathon 2014
Kalo udah lelah, alat ditaruh di atas kursi pun jadi halal
FC multi-talenta. Main alat apa juga bisa
Fabian mau coba alat punya kakaknya
Kakak-kakak pelatih :3

Di lomba kedua, ada peningkatan prestasi. Secara keseluruhan kami naik ke peringkat 7 (ya mayan lah naik 1 peringkat), dan color guard-nya peringkat 4!! OMG it almost get into Top 3! Seseneng itu color guard-nya dapet peringkat 4, yang hampir 3 besar. Selain itu FC-nya juga ada peningkatan ke juara 2. Kami juga dapet peringkat 1 pada kategori kostum :') Haha setelah drama pembuatan kostum yang bikin tegang banget sampe hari H lomba. Untung dapet juara. Tapi emang kece banget sih kostum barunya terutama kostum anak musiknya :3 (thanks kak Ctar!)

Color Guard Squad + FC



Puncaknya adalah ketika kami mau ikut lomba ketiga. Color guard waktu itu udah mulai belajar rifle (salah satu kemajuan besar juga). Sayang riflenya kurang nyaman untuk teknik-teknik seperti spin, flip, dll jadi gue cuma bisa bikin koreo sederhana. Di lomba ketiga ini pun kami mulai ajarin blocking, jadi mainnya nggak diem di tempat tapi juga pake simple movement. Kemajuan lagi buat color guard-nya karena belajar main sambil jalan, ganti-ganti bendera, dan belajar setting bendera di tempat yang beda-beda.

Ketika hari H lomba, awalnya PD karena ngerasa kami udah siap. Tapi pas ngeliat band lain latihan kok kayaknya keren-keren banget.. Ah ya sudahlah yang penting kami tampilin yang terbaik aja. Setiap mereka mau tampil, percayalah yang deg-degan itu justru pelatihnya. Tapi gue berusaha nggak tegang dan kasih aura positif untuk mereka. Alhamdulillah penampilannya berjalan lancar.

Selesai tampil dan beres-beres, gue sempetin untuk nengok band lain yang lagi tampil. Kepercayaan diri pun meningkat dan mulai yakin kalo anak-anak bisa jadi juara, terutama color guard-nya. Karena kalo gue perhatiin, color guard dari band lain kasih gerakan terlalu sederhana. Sekali lagi, menurut gue progress dan perkembangan anak itu tergantung pelatihnya. Seberapa jauh pelatihnya mau anak itu berkembang.

Sore harinya kami dapet info tentang hasil lomba. Kami dapet berita yang sangat membahagiakan. Ada peningkatan prestasi yang signifikan pada hampir setiap kategori. Perkusi juara 3, hornline peringkat 4, FC juara 3, general effect juara 2, kostum juara 1, dan color guard juara 1!!! Antara percaya dan ga percaya color guard-nya juara 1 :''') But they really deserve it. Secara keseluruhan pun kami juara umum ke-3. Seneng banget bisa membanggakan pihak sekolah dan orangtua-orangtua muridnya. Seneng bisa ngebales kebaikan dan dukungan mereka.



Setelah lomba selesai, penyakit anak-anaknya muncul lagi, yaitu absen. Biasanya rame menjelang lomba aja huhu. Tapi biar lah sebentar lagi libur kok dan biar mereka beristirahat setelah kerja keras belakangan ini :)

Insya Allah semester ini semester terakhir gue kuliah, yang berarti sebentar lagi gue akan kerja. Ini berarti gue juga jadi ga bisa ngajar lagi. Sedih sih harus pisah sama anak-anak yang gemesin dan ngangenin itu. Tapi setidaknya, sebentar gue disana sempat menghidupkan dan memajukan ekskul tercinta ini lagi :') Semoga penerus berikutnya bisa tetap bikin ekskul ini berjaya lagi. Karena sayang, setahun belakangan perkembangannya udah signifikan dan dapet dukungan dari berbagai pihak.

You Might Also Like

0 comments